MEDAN-Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah yang jatuh pada Jumat, 1 September 2017, Pemerintah Provinsi Sumut mendistribusikan 149 hewan kurban untuk 33 Kabupaten/Kota Sumatera Utara.

Diantara hewan-hewan kurban tersebut adalah dua ekor sapi berbobot 1 ton masing-masing pemberian Presiden Joko Widodo  yang disembelih di Masjid Raya Al Mahsun Medan dan dari Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi disembelih di TPI Bagan Deli, Medan Belawan.

Usai pelaksanaan shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka Medan, Wagub Sumut Nurhajizah Marpaung menyaksikan penyembelihan ewan kurban di halaman kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan dan menyerahkan sapi pemberian Presiden di Masjid Raya Al Mashun, Jumat (01/09/2017).

“Insyaallah semua amal ibadah kita diterima dan dicatat Allah SWT sebagai tanggungjawab kita sebagai umat manusia. Kita harus menunjukkan pada Allah, bahwa kita betul-betul hamba-Nya yang sangat memuliakan Allah dan menjaga kerukunan sesamanya,” ucap Nurhajizah.

Dikatakan tema yang diangkat di tahun 2017 ini ialah ‘Sumut Berkurban’. Tema tersebut, adalah ide dari Gubernur, Tengku Erry Nuradi yang bertujuan agar seluruh masyarakat Sumut, khususnya umat muslim merasakan makan daging.

“Sumut Berkurban ini idenya Bapak Gubernur yang tujuannya, di pelosok manapun saudara-saudara kita, khususnya kaum muslim muslimah pada pagi hari ini tidak ada lagi yang merasa kesenjangan. Bukan hanya muslim, setelah di masak pun bisa kita bagi juga saudara-saudara kita yang non-muslim,” jelas Nurhajizah.

Sementara dihari yang sama, mewakili Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Plt Sekdaprovsu Ibnu S Hutomo menyerahkan hewan kurban kepada panitia penyembelihan kurban Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara di Tempat Penampungan Ikan (TPI) Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.

Ibnu didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Perternakan Dahler menyerahkan seekor sapi yang diperkirakan berbobot 1 ton kepada tokoh masyarakat setempat Ustad Ismail disaksikan Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara Roni.  

Program Sumut Berkurban berhasil menghimpun dan mendistribusikan 149 hewan kurban sapi/lembu yang diantaranya terdiri atas seekor sapi sumbangan Presiden, 65 sapi dihimpun ACT, 33 sapi dari APBD Provsu TA 2017 untuk 33 Kabupaten/Kota dan 50 sapi dari staf -staf SKPD di lingkungan Pemprov Sumut.