PADANGSIDIMPUAN-Guna mencegah terjerumusnya kembali warga binaannya ke kesalahan yang sama apabila kelak bebas dari lapas Salambue, sebagian besar warga binaan Lapas Kelas IIB Salambue yang terletak di Kecamatan Pijorkoling, Kota Padangsidimpuan telah di bekali dengan berbagai keterampilan yang kelak bisa mereka (Warga binaan lapas yang sudah bebas) pergunakan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Diketahui bahwa beberapa waktu lalu, lapas Salambue telah melakukan kerja sama dan kesepakatan dengan beberapa Dinas untuk menjalankan pelatihan keterampilan bagi para warga binaan, seperti Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) bersama Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Padangsidimpuan. Dalam kesepakatan yang dibahas tersebut, akan dibuat jadwal pelatihan bagi 15 orang warga binaan lapas yang mau mengikuti pelatihan tersebut, yaitu, 10 orang mengikuti pelatihan dari Disnaker dan yang 5 orang lagi pelatihan dari Dinas Perikanan dan Pertanian.

Kepada Go Sumut Ka Lapas Kelas IIB Salambue Porman Siregar saat ditemui di tempat kerjanya Sabtu (2/9/2017) menjelaskan selain membina rohani dari warga binaan lapas, saat ini kita telah membuat kesepakatan kerja dengan beberapa Dinas Kota Padangsidimpuan untuk malukukan pelatihan bagi warga binaan kita (lapas Salambue). Pelatihan ini kita buat guna mengasah keterampilan kerja warga binaan lapas yang bisa dipergunakan sebagai sumber penghasilan bagi warga lapas yang sudah bebas kelak agar tidak terjerumus lagi ke jalan yang salah.

Terkait materi yang akan di ajarkan dari Dinas Ketenagakerjaan kota Padangsidimpuan akanmelakukan pembinaan mengenai jahit menjahit, perbengkelan sepeda motor, dan jasa pangkas. Sedangkan dari Dinas Perikanan, Pertanian, dan Kehutanan Kota Padangsidimpuan, siap membantu pembinaan mengenai tata cara beternak ikan Lele, Nila, Mas serta cara bercocok tanam yang baik dan benar.