SIMALUNGUN-Keperdulian Bupati Simalungun JR Saragih terhadap para pejuang Indonesia di Kabupaten Simalungun ditunjukkan dengan mendatangi makam pejuang Simalungun di Raya Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Kita mengajak masyarakat agar menghargai budaya, termasuk para pendahulu kita yang terlah berjuang buat Indonesia. Dengan menghargai budaya maka budaya gotong royong juga akan hidup," ujar Bupati Simalungun JR Saragih di Makam Pejuang Simalungun Tuan Bonani Ari Likkar Garingging atau Tn. Sorba Dolok di Nagori Sorba Dolog, Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Simalungun di Raya Kahean selain mendatangi makam Tuan Bonani Ari Likkar Garingging atau Tn.  Sorba Dolok, dirinya juga mendatangi makam keluarga dari pejuang tersebut yakni Mudahalam Saragih Garingging, terakhir makam Bismar Alexsander Garingging atau Opung Liana.

JR Saragih tak datang sendirian, melainkan bersama jajaran Pemerintahan Kabupaten Simalungun. Bahkan, selain datang ke pemakaman dirinya juga sekaligus memantau perkembangan desa yang ada di Simalungun khususnya di Kecamatan Raya.

"Persiapan di desa terus kita pantau, karena ingin mengetahui apakah ada perubahan atau tidak. Jika ada perubahan maka bisa dipastikan ada semangat baru di seluruh desa," lanjutnya.

JR Saragih juga berpesan buat masyarakat yang merayakan Idul Adha agar bisa memperkuat tali silahturahmi, sehingga ada rasa berbagi satu sama lain.

"Gunakan hari raya Idul Adha dengan baik, tanamkan rasa kebersamaan sehingga ada semangat baru di dalam kehidupan masyarakat," tutupnya.