MEDAN-Berencana maju dalam kontestasi pemilihan Gubernur Sumut 2018, pegiat hak-hak masyarakat adat Abdon Nababan sudah bersiap dengan pamflet pemenangan. Pamflet beredar mulai disebar melalui medsos dan websitenya.

Anggota Tim Inti Relawan Abdon Nababan, Maulana Samosir mengatakan di pamflet pemenangan itu tertera medali Ramon Magsaysay Award, yang akan diraih Abdon. Nama-nama penerima award yang sama dari Indonesia, seperti Gus Dur dan Syafii Maarif juga dicantumkan.

Sebagaimana sudah terkabar, Abdon akan menerima Ramon Magsaysay Award pada 31 Agustus mendatang di Manila. Abdon mendapatkan award yang juga dikenal dengan hadiah Nobel Asia tersebut untuk kategori leadership community.

Visi memperjuangkan hak-hak ulayat tergambar jelas di pamflet tersebut.

Meski belum dideklarasikan secara resmi, kabar akan majunya Abdon sebagai calon Gubsu sudah meluas. Dibuktikan dengan berdirinya posko-posko pengumpulan kartu tanda penduduk (KTP) beserta surat dukungan di berbagai daerah di Sumut.

Sebanyak 800.000 dukungan harus dikumpulkan Abdon dan timnya agar memenuhi syarat menjadi calon Gubernur dari jalur independen.

Selain Abdon, juga akan maju sebagai balon Gubsu dari jalur independen adalah mantan Gubsu Syamsul Arifin. Pekan lalu, mantan Bupati Langkat dua periode itu telah mengumumkan secara resmi rencana pencalonannya.