MEDAN-Terhadap langkah politik yang dijalankan Golkar yakni mengumumkan secara resmi pasangan yang diusung pada Pilgubsu 2018, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan itu sebagai hal yang baik.

Karenanya, PKS mengucapkan selamat kepada Golkar yang sejak dini sudah memutuskan pasangan Erry Nuradi-Ngogesa Sitepu untuk diusung.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PKS Sumut, Satrya Yuda Wibowo menyatakan menyakini diumumkannya pasangan Erry-Ngogesa karena Golkar sudah mendapatkan kesepakatan dengan parpol lain untuk berkoalisi. Entah partai apapun itu.

Dengan demikian, kata Satrya yang juga anggota DPRD Sumut ini, bisa dipastikan pasangan Erry-Ngogesa sudah mendapatkan perahu untuk berlayar.

"Mereka memang sudah punya perahu, tapi apakah rakyat mau ikut? Rakyat akan menilai terlebih dahulu," kata Satrya.

PKS, paparnya, masih menanti momen yang tepat untuk mengumumkan pasangan calon yang akan diusung. Sebab, sampai saat ini belum ada kesepahaman dengan partai-partai yang akan diajak berkoalisi.

Satrya menjelaskan, Partai Amanat Nasional, Demokrat dan Gerindra adalah kemungkinan di antaranya yang akan berkoalisi dengan PKS. Kesepakatan antar siapa dengan siapa yang belum tuntas menyebabkan koalisi juga belum final.

"Begitu pasangan calon yang hendak diusung disepakati, maka koalisi terwujud," ujar Satrya.

PKS Sumut, katanya, mengajukan 5 nama kader ke DPP untuk dipilih dan dipasangkan dengan calon dari partai lainnya. Tiga orang di antaranya kader pusat dan dua dari kader lokal.