PADANG LAWAS - Memeriahkan HUT ke-71 RI, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas menggelar pawai karnaval yang diikuti berbagai elemen masyarakat, instansi, OKP, siswa-siswi sekolah se-Palas. Berbagai pakaian adat dan seni serta pernak-pernik hiasan turut memeriahkan karnaval. "Kemeriahan HUT RI, jadi momentum yang dimaknai nilai perjuangan kemerdekaan, mari kita bangun Indonesia kerja bersama," kata Wabup Palas, H. Ahmad Zarnawi Pasaribu didampingi Sekda Arpan Nasution sembari mengangkat bendera start karnaval melepas secara resmi barisan peserta karnaval dari lokasi Lapangan Merdeka Sibuhuan, Rabu (16/8/2017).

Peserta pawai karnaval yang didominasi siswa-siswi SD hingga SMA menampilkan berbagai seni dimulai pakaian ala pejuang kemerdekaan, sampai hiasan kenderaan zaman dahulu sebagai barisan terdepan peserta karnaval. Hal yang diperlihatkan siswa-siswi itu tidak lain untuk mengingatkan pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dari barisan remaja juga mewarnai karnaval kendaraan roda empat serta belasan sepeda motor yang dihiasi berbagai corak serta sepeda ontel yang dikerahkan membuat kemeriahan HUT RI lebih bermakna.

Parina-inaon (Barisan Ibu-ibu) dalam kesempatan tersebut juga turut ambil tempat dengan menunjukkan kreasi seni potret perempuan masa dulu. Kondisi berpakaian kaum perempuan masa lalu dinilai tidak lepas dari perjuangan kemerdekaan.

“Kita sebagai ibu-ibu masa kini menunjukkan tentang potret perempuan dimasa-masa kemerdekaan dulu,” ujar Ibu Minah Hasibuan salah satu perwakilan peserta barisan Ibu-ibu Lingkungan I Pasar Sibuhuan.

Dalam kesempatan yang bersejarah itu barisan Persatuan Naposo Nauli Bulung (PNNB) Lingkungan VI Sibuhuan juga menunjukkan kreasi rakyat yang dijajah pada masa lalu. Tidak lupa PNNB juga menunjukkan perjuangan rakyat dengan membawa meriam bambu dan bambu runcing. "Merdeka, merdeka, merdeka,” teriak barisan PNNB bersama pesrta karnaval lainnya.

Amatan GoSumut di lokasi lapangan Merdeka Sibhhuan, masyarakat tumpah ruah memadati lokasi untuk menyaksikan pawai karnaval yang mengambil rute start dari lapangan Merdeka- lingkungan I Aek Salak, Banjar Keliling-Jalan Veteran-Banjar Raja dan finish di lapangan Merdeka melintasi panggung kehormatan.