LABUHANBATU - Sebagai upaya memperkuat persatuan bangsa dan menindaklanjuti perintah Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, Komandan Kodim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin mengajak seluruh umat beragama untuk berdoa bersama pada 17 Agustus 2017 pukul 17.00 mendatang. Segala bentuk imbauan ini dilakukan jajaran Kodim 0209/LB, baik melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD), Radio Swasta, media cetak dan online, serta memasang spanduk publikasi di sejumlah titik wilayah teritorialnya.

"Doa bersama ini, merupakan inisiatif TNI sebagai upaya memperkuat persatuan bangsa, yang diimplementasikan dari Pancasila melalui sila pertama, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa," ungkap Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin, Senin (14/8/2017).

Selain itu, pihaknya juga memerintahkan sejumlah Babinsa di jajaran teritorial Kodim 0209/LB untuk mensosialisasikan ajakan doa bersama ini langsung 'door to door' ke rumah masyarakat.

Kegiatan inipun, urai Dandim, untuk umat muslim, dapat dilakukan dalam bentuk membaca ayat suci Alqur'an secara hafalan atau disebut M‎urojaah selama satu jam. Lalu ditutup dengan shalat Maghrib berjamaah dan doa penutup.

"Bagi umat yang beragama Nasrani, Hindu dan Budha, juga dapat melakukan hal yang sama, yakni dengan cara hadir pada tanggal 17 Agustus 2017 pukul 17.00 Wib, dan melakukan doa selama satu jam," jelasnya.

Adapun sejumlah lokasi doa bersama tersebut, untuk beragama Islam bertempat di Masjid Raya Rantauprapat, untuk umat Kristiani di Gereja Methodis, dan agama Budha di Bukhara Jayanti Rantauprapat.

Sedangkan di wilayah Kabupaten Labura, untuk agama Islam bertempat di Masjid Aman Jalan Jenderal Sudirman, Aek Kanopan, untuk agama Kristen di Gereja HKBP Aek Kanopan Jalan Serma Gojali Sinaga.

"Kemudian, di wilayah Kabupaten Labusel, Untuk umat Muslim dan Nasrani menjadi satu Acara Di Makoramil 11/Kota Pinang, di Jalan Istana Kota Pinang Labuhanbatu Selatan," ungkapnya.

Serangkaian pelaksanaan doa bersama ini, sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa pelaksanaan akan digelar di masing-masing wilayah Indonesia dan dilaksanakan di markas atau kantor satuan jajaran TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

“Diharapkan masyarakat ikut serta dalam kegiatan doa bersama ini, untuk Indonesia lebih kasih sayang,” kata Jenderal TNI Gatot bulan lalu.

Maka dari itu, Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin mengimbau agar seluruh umat beragama di wilayah teritorial Kodim 0209/LB dapat turut melaksanakan doa bersama ini untuk Indonesia yang lebih kasih sayang.