Samosir. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir sukses mempromosikan destinasi wisata Samosir dan Danau Toba pada ajang Festival Indonesia 2017 di Moscow. Dari event yang berlangsung selama tiga hari, 4-6 Agustus 2017 stan Samosir dipadati pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro di Pangururan mengatakan, sejak pagi hingga malam hari, pengunjung yang umumnya penduduk ibu kota Rusia itu sangat antusias menanyakan berbagai informasi tentang Samosir, baik alam, budayanya dan bagaimana cara datang ke Samosir dari Moskow.

Karena begitu banyaknya pengunjung datang ke stan Samosir bahkan sampai antre, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, terpaksa ikut membantu membagi brosur dan bahan promosi lainnya kepada pengunjung.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyebutkan, membludaknya pengunjung ke stan Samosir dibanding stan peserta daerah lain tidak terlepas dari dekorasi stan dan bahan promosi Samosir yang sengaja dipersiapkan dengan tulisan dan Bahasa Rusia serta adanya pelatihan martaganing (gendang khas Batak) yang ada di stan Samosir yang sengaja dibawa dari Indonesia.

Pada kesempatan lain, penampilan tim kesenian Samosir yang tampil sebanyak dua kali di panggung utama juga berhasil memukau penduduk Kota Moskow. Tim kecil kesenian Samosir yang menampilkan reportoar musik tradisionil (sordam, sarune bolon, suling dan taganing), tortor (tarian) Pangurason, tortor Sibaso dan tortor Tandok mendapat aplaus dari penonton yang semakin membuat mereka ingin mengunjungi Samosir Danau Toba.

Tim promosi dan tim kesenian Samosir berjumlah 7 orang dan langsung dipimpin oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon serta Kadis Pariwisata, Ombang Siboro, mendapat apressiasi dari Dubes RI di Moscow Lasro Simbolon.

Bupati Samosir Rapidin, juga menyerahkan seperangkat taganing dan ulos kepada Duta Besar Indonesia di Moscow. Dalam kunjungan kerja luar negerinya ke Moscow, Bupati Samosir juga menyempatkan diri melakukan kunjungan kerja dan melakukan pertemuan dengan walikota Suzdal.

Kota Suzdal adalah daerah pertanian yg maju dan destinasi wisata yang menarik dan dikunjungi satu juta wisatawan pertahun di Rusia. Dari kunjungan luar negeri kali ini, disamping promosi pariwisata Samosir tersebarkan dengan baik, rombongan Bupati Samosir juga mendapat banyak ilmu dan pengalaman di bidang pertanian dan peternakan serta bidang pariwisata inspiratif.