LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H Pangonal harahap, menjanjikan bonus kepada pegawainya untuk diberangkat umroh gratis ke tanah suci. Namun janji ini ada syarat yang harus dipenuhi oleh camat, lurah atau kepala desa. “Bagi kecamatan, desa atau kelurahan yang sering melaksanakan kegiatan Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat, maka camat, kepala desa atau lurahnya akan diberikan bonus hadiah umroh ke tanah suci," ungkap Bupati Labuhanbatu pada Launching Minggu Sehat di Kecamatan Rantau Selatan, Minggu (6/8/2017).

Semua kegiatan itu, sambung Bupati, akan langsung dipantau melalui aplikasi WhatsApp Group Pemkab Labuhanbatu.

"Hadiah atau bonus umroh tersebut akan diberikan pada tahun 2018 dan berangkatnya sama-sama dengan saya,” kata Pangonal Harahap.

Bupati mengatakan, ketiga program di Labuhanbatu tersebut bertujuan untuk menciptakan kebersihan, penghijauan dan kesehatan yang keseluruhannya untuk keluarga, masyarakat, maupun untuk semua pihak.

"Katanya, bersih itu kan indah, bersih itu sehat, maka dengan itu saya buat program hari Jumat itu untuk bergotong royong membersihkan lingkungan dan sekeliling kita. Kalau ini kita lakukan, Insya Allah semua lingkungan kita akan bersih. Kemudian pada hari Sabtu dilaksanakan penghijauan. Sabtu Hijau ini sangat diharapkan kepada ibu dan bapak untuk menanam-nanam di pekarangan rumah atau di tempat lain, karena saya melihat di daerah lain bahwa tanah yang sedikit itu difungsikan oleh warga sehingga bermanfaat," tuturnya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat agar senantiasa ikhlas melaksanakan kegiatan atau program Sabtu Hijau sehingga bisa saja kegiatan itu dapat mengurangi kebutuhan hidup.

"Misalnya dengan menanam sayur-sayuran atau yang lainnya (ini bisa untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari). Kemudian Minggu Sehat, kegiatan ini juga banyak manfaatnya bagi kehidupan kita, terutama untuk menyehatkan jasmani dan menciptakan silaturrahmi di antara kita," jelas Pangonal Harahap.

Camat Rantau Selatan, Ibni Aipal Zahni, dalam kesempatan itu siap mendukung dan melanjutkan program Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat di wilayah Kecamatan Rantau Selatan, dan siap menggelorakan kegiatan ini di tengah-tengah masyarakat.

"Sesuai dengan petunjuk Bapak Bupati Labuhanbatu, maka kegiatan tiga program ini akan dilaksanakan di setiap kelurahan. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berdomisili di wilayah kecamatan Rantau Selatan untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan Jumat bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat ini, sehingga kita harapkan wilayah Kecamatan Rantau Selatan ke depan akan lebih bersih, lebih hijau dan masyarakatnya lebih sehat," kata Ibni.