MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menjadwalkan pembahasan anggaran untuk Bawaslu Sumut dan Polda Sumut dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) 2018 akan dilangsungkan Senin (31/7/2017) depan. Sebelumnya, Gubsu HT Erry Nuradi telah menyepakati usulan anggaran Pilgubsu KPU Sumut sebesar Rp 855.940.086.000.

"Hari Senin nanti dirapatkan bersama," kata Kepala Biro Otda Pemprovsu Basyarin Tanjung, Kamis (27/7/2017).

Basyarin mengatakan, pertemuan akan membahas usulan anggaran pengawasan Bawaslu Sumut. Selain Bawaslu Sumut tentunya juga anggaran pengamanan untuk Polda Sumut. Ia belum memastikan apakah pertemuan nantinya akan langsung menyepakati usulan.

"Kita lihat nantilah," katanya.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida Rasahan mengungkapkan, pihaknya akan menghadiri undangan pada Senin depan tersebut.

Dikatakannya, Bawaslu Sumut dalam pelaksanaan pengawasan Pilgubsu 2018 telah mengajukan usulan anggaran sebesar Rp 279 miliar. Jumlah ini naik dari usulan awal yang sebesar Rp 241 miliar. Dijelaskannya, kenaikan sekitar Rp 38 miliar ini disebabkan adanya ketentuan sharing anggaran dimana APBD Pemprovsu akan menampung honor, dana pembinaan SDM, sosialisasi, rakor, dan raker tingkat provinsi. Sementara APBD 8 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada akan menampung operasional (sewa kantor, kegiatan di tingkat kabupaten/kota dan SPPD).

"Makanya ada kenaikan usulan anggaran kita," kata Syafrida.

Syafrida mengaku pihaknya sudah mendapat undangan terkait pertemuan Senin mendatang.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengaku pihaknya juga diundang untuk pembahasan anggaran Polda Sumut pada Senin mendatang.

"Hari Senin baru dilaksanakan rapat koordinasi untuk Pilkada di wilayah Sumut," katanya.

Setelah itu, kata Rina, pihaknya baru menyusun perencanaan.