SERDANG BEDAGAI - Kasatpol-Air Sergai, AKP Edi Palentino akhirnya dicopot dari jabatannya dan digantikan dengan Iptu Candra Tua Situmorang yang sebelumnya menjabat Panit 2 Sipatwal Air Satrolda Dit Pol Air Poldasu. Pencopotan ini diduga terkait kasus penemuan sabu-sabu 44 kilogram oleh BNN yang melibatkan Aiptu Suheryanto anggota Satpol-Air Sergai yang bertugas sebagai Kapos di wilayah Pantai Cermin, Sabtu (15/7/2017) lalu sekira pukul 06.30.

Sebelumnya, AKP Edi Palentino telah dicopot bersama Kasat Lantas, Kapolsek Teluk Mengkudu dan Kapolsek Pantai Cermin. Namun sempat dipertahankan Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto.

Kapolres Sergai berdalih, penundaan mutasi Kasat Pol-Air Bedagai seputar pengamanan perairan dalam rangka Ops Ramadniya Toba 2017. Ternyata anggota AKP Edi Palentino malah melakukan pengamanan terhadap penyeludupan sabu-sabu dari Malaysia melalui jalur laut di sekitar Pantai cermin.

Diduga pencopotan AKP Edi Palentino imbas dari keterlihatan Aiptu Suheryanto masalah penyeludupan sabu dari jalur laut membuat AKP Edi Palentino harus menerima risiko.

Namun, dalam sambutannya, Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto mengatakan, AKP Edi Palentino telah berhasil dengan nilai cukup baik dalam melakukan pengamanan di laut dengan tidak adanya konflik.

“Sepanjang tahun tahun 2016 sat pol air telah menangani kasus illegal fishing sebanyak 23 kasus dengan memusnakan barang bukti 23 unit kapal. Sedangkan tahun 2017 sampai priode bulan ini tercatat 9 kasus,” bilang Kapolres, Jumat (21/7/2017).