LABUHANBATU - DanLanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah beserta stafnya melakukan kunjungan kerja panen raya kerang batu di pantai Kecamatan Panai Hilir, Sei Berombang, Sabtu (15/7/2017). Turut hadir Kadis Kelautan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu, Muspika Panai hilir, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh anggota Pokmaswas panai hilir.

Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah menyampaikan terima kasihnya kepada Kadis Kelautan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu, Muspika plus serta Pokmaswas Panai Hilir yang telah berhasil menciptakan budidaya kerang batu di pantai Kecamatan Panai Hilir sehingga program poros maritim yang digagas Presiden Jokowi dapat terdukung melalui kerjasama pemerintah bersama masyarakat.

"Budidaya ini patut kita dukung dalam upaya pelestarian laut secara berlahan, mengalihkan cara pandang masyarakat nelayan untuk cinta budi daya yang nantinya nelayan tidak lagi mengandalkan alat tangkap dalam beraktivitas mencari ikan," ungkapnya.

Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah juga meminta kepada Kadis Kelautan Perikanan untuk dapat memfasilitasi masyarakat kelompok nelayan terkait rekomendasi perizinan hamparan pantai yang digunakan untuk budidaya. Sebab ini sangat perlu mengingat para kelompok budidaya belum memiliki izin.

Danlanal juga merasa senang terhadap Pokmaswas, serta masyarakat di Kecamatan Panai Hilir yang berminat untuk turut ambil bagian guna mendukung program budi daya kerang batu di pantai pesisir Kecamatan Panai Hilir, Labuhanbatu. 

Sementara itu, Kadis Kelautan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu, Jumingan berjanji akan memprioritaskan pengembangan budidaya kerang batu.

"Dimana hal ini telah terbukti bermanfaat menambah lowongan pekerjaan bagi masyarakat khususnya nelayan di Panai Hilir," ujar Kadis.

Selanjutnya, Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah bersama staf lanal, Muspika plus, Pokmasawas Panai Hilir melanjutkan kegiatan melihat lokasi hamparan budidaya kerang batu yang berada di Pantai Tanjung Bangsi, Kecamatan Panai Hilir, untuk panen bersama.