ASAHAN - Sebanyak 5 ribu lebih atlet remaja atau pelajar dari 25 kecamatan siap bertarung pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Asahan yang akan berlangsung Rabu (19/7/2017) mendatang. Apalagi, Porkab ini merupakan salah satu ajang menjaring bibit atlet baru guna menyiapkan Kontingen Asahan ke Porwilsu/Porpropsu 2018 ke depan. Dimana nantinya KONI Sumut akan melakukan penjaringan atlet untuk membentuk Kontingen Sumut ke PON 2020 di Papua.

Ketua KONI Asahan Nurkarem Nehe dikonfirmasi GoSumut, Sabtu (15/7/2017), menjelaskan Porkab ke-4 Kabupaten Asahan yang sebentar lagi akan bergulir ini, diikuti 5 ribu lebih atlet remaja atau pelajar bertujuan jangka pendek adalah Porwil/Porpropsu 2018.

"Jangka menengah, kita akan menargetkan atlet Porkab bersama atlet hasil Kejurkab bisa sebanyak mungkin masuk Kontingen Sumut ke PON 2020 Papua. Jangka panjang tentu saja menyiapkan atlet remaja ini menjadi atlet nasional sesuai strategi pembinaan Asahan Bank Atlet Sumatera Utara," jelasnya.

Masih kata Nehe lagi, Asahan setelah pemantapan konsolidasi organisasi, tata kelola manajemen olahraga, penguatan database kecamatan dan cabang olahraga di rentang 2011-2015 maka tahun ini mulai melaksanakan Satlak Asahan Emas untuk memaksimalkan kemampuan atlet sebelum dikelola KONI Sumut. Asahan menyiapkan atlet yang relatif tinggi kualitasnya untuk digembleng dan diantar Sumut ke pentas nasional.

"Asahan akan melahirkan atlet potensial sebanyak-banyaknya, maka Sumut yang mematangkan prestasi. Sebab propinsilah yang memiliki kedaulatan menggunakan atlet di puncak olahraga nasional yakni PON nantinya," harap Ketua KONI yang suka bermain bola kaki ini semangat.