PADANGSIDIMPUAN - Kota Padangsidimpuan sekitarnya digoncang gempa dengan Magnitude 5,5 Skala Richter (SR), Jumat (14/7/2017) sekira pukul 08.25 WIB. Meski belum ada laporan kerusakan, namun goncangan keras itu membuat banyak warga terkejut dan panik. Lewat pesan via aplikasi WA-nya, BMKG melalui Kepala Bidang Data dan Informasi, Syahnan menyampaikan, lokasi gempa terjadi di 1.37 Lintang Utara, 99.19 Bujur Timur atau sekitar sembilan kilometer arah Barat Daya Padangsidimpuan dengan kedalaman 10 kilometer.

"Info Gempa Mag:5.5 SR 14-Juli-17 08:25:16 WIB, Lok:1.37 LU, 99.19 BT (9 km BaratDaya PADANGSIDEMPUAN - SUMUT) Kdlmn: 10 Km," tulis Syahnan menjawab konfirmasi lewat pesan WA.

"Gempanya kuat, dan sangat terasa sekali," ujar P Pohan, warga Padangsidimpuan yang spontan berlari keluar rumah saat kejadian.

Hal yang sama juga diakui Samman. Pria ini spontan melompat dan berlari ketika gempa dirasakan menggoncang bangunan tempat ia bekerja.

"Songon na runtuh domana kantor nami on (macam yang mau runtuh rumah kami ini rasanya). Tidak lama hanya sekilas (hitungan detik) tapi sangat terasa," tukasnya.