PADANGSIDIMPUAN - Jumat (14/7/2017) pagi sekira pukul 08.25 WIB, masyarakat Kota Padangsidimpuan dikejutkan dengan terjadinya gempa bumi yang melanda Padadangsidimpuan. Informasi Gempa yang diperoleh dari laman BMKG melalui Googgle, Mag : 5,5 SR, 14-Jul-17 08:25:16 WIB, Lokasi : 1.37 Lintang Utara, 99.19 Bujur Timur (9 km Barat Daya Padangsidimpuan-Sumut), Kedalaman: 10 Km di bawah permukaan tanah. Gempa bumi tersebut merupakan gempa tektonik, yang mana di wilayah sekitar Tabagsel terdapat beberapa Gunung Berapi yang aktif dan salah satunya adalah Gunung Lubuk Raya yang terletak di Kota Padangsidimpuan.

Akibat guncangan gempa bumi yang terasa sekitar 20 detik itu, masyarakat Kota Padangsidimpuan yang berada di dalam rumah maupun ruangan berhamburan keluar, termasuk puluhan pasien dan keluarga pasien yang sedang menjalani perawatan di RSUD Kota Padangsidimpuan.

"Kami kaget akan terjadinya gempa pagi ini, suasana pagi yang mulanya tenang berubah jadi heboh seketika saat terjadinya guncangan," ungkap Indra Batubara, salah seorang satpam yang bertugas di rumah sakit ini.

Akibatnya, kata Indra, pasien yang sedang menjalani rawat inap di RS ini dan keluarganya yang sedang menjaga pun langsung berhamburan keluar dari ruang rawat inap menuju ke halaman RS yang terbuka.

Sementara itu, menurut informasi yang beredar di masyarakat, efek getaran gempa juga terasa di seluruh wilayah Tabagsel yakni, Tapanuli Selatan, Paluta, Palas.

Meski tak mengakibatkan adanya korban jiwa, akan tetapi, dari informasi yang di dapat dari kepala BPBD Kota Padangsidimpuan Ibrahim Dalimunthe , ada beberapa rumah warga yang rusak dan bahkan ada juga dindingnya yang sampai roboh.

"Kita masih memantau ke lapangan terkait laporan masyarakat tentang adanya kerusakan bangunan maupun yang roboh terkait gempa bumi yang terjadi di Kota Padangsidimpuan pagi ini," ujarnya.