MEDAN - Meski sebelumnya Mahruzar Nasution memonitoring anak asuhnya, namun usai libur sepekan memperingati Idul Fitri, kobdisi fisik skuad PSMS Medan malah menurun. Hal itu terlihat saat sesi latihan perdana di Stadion Kebun Bunga, Jumat (30/6/2017) sore. Melihat kondisi ini, pelatih PSMS Medan Mahruzar Nasution dipusingkan dengan kondisi fisik pemainnya yang menurun. Apalagi dalam waktu dekat atau tepatnya, Minggu (8/7/2017) Legimin Rahardjo dkk akan menghadapi duel krusial kontra PSPS Riau.

Untuk menggenjot kembali performa anak asuhnya, Mahruzar langsung menggelar latihan sebanyak dua sesi yakni pagi dan sore hari. Bahkan, Mahruzar menginstruksikan skuadnya mengikuti tes fisik di pagi hari.

“Memang ada penurunan fisik para pemain. Tapi dari hasil tes masih dikategorikan wajar,” ujar Mahruzar usai latihan.

Menurut pelatih berlisensi B AFC itu, penurunan jika dipersentasekan berada di kisaran 20 persen. Artinya, dalam waktu kurang dari sepekan ke depan, Mahruzar punya pekerjaan rumah untuk mengembalikan lagi kondisi fisik agar bisa normal seperti biasanya.

Waktu sepekan itu, menurut Mahruzar, bukan waktu yang ideal untuk mengembalikan kondisi fisik kembali stabil. Namun dia tak punya opsi lain kecuali memanfaatkan situasi yang ada.

Terlihat pada sesi latihan, Mahruzar terus menekankan pada upaya pengembalian kondisi fisik pemain. Karena itu pada latihan tersebut, 10 pemain secara bergantian melakukan lari keliling lapangan plus sprint pendek. Sementara sisanya melakukan game secara bergantian.

“Secara kolektif. Masih mengembalikan daya tahan tubuh dua hari ini atau endurancenya. Yoyo tes itu termasuk endurance juga,” sebutnya.

Sementara itu, dari 25 pemain yang hadir tak semuanya bisa mengikuti latihan secara normal. Empat pemain berlatih terpisah. Mereka adalah Legimin Raharjo, Tri Hardiansyah, Dimas Sumantri dan Hardiantono. Keempatnya mengalami cedera sebelum lebaran.

Rencananya PSMS akan bertolak dari Medan pada 6 Juli mendatang sebagai persiapan menghadapi PSPS Riau. Penentuan nama dilakukan sehari sebelum keberangkatan.