MEDAN - Menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan memprediksi cuaca cerah dan normal. "Untuk beberapa hari ke depan cuaca normal dan cerah, termasuk ketika lebaran nanti," kata Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah 1 Medan, Syahnan, kepada Analisadaily.com, Kamis (22/6/2017).

Namun Syahnan menjelaskan, saat ini sebagian wilayah Kota Medan masih berpotensi hujan sedang hingga lebat, khususnya siang sampai sore hari.

"Sebagian wilayah Kota Medan akan terjadi hujan sedang hingga Lebat. Namun itu diprediksi tidak lama. Tetapi secara keseluruhan cuaca di Sumut masih normal," jelasnya.

Syahnan mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik lebaran agar selalu waspada terhadap perubahan cuaca. Terutama masyarakat yang menggunakan jalur darat.

"Kalau jalur darat kita harus selalu waspada. Panas terik mengakibatkan debu-debu di jalan beterbangan sehingga terkadang mengganggu para pengendara. Begitu juga masyarakat yang menggunakan jalur laut agar selalu waspada dengan angin dan gelombang laut," imbaunya.

Untuk peringatan dini bagi warga di daerah pegunungan seperti Berastagi dan Perapat, waspada kemungkinan terjadinya hujan lebat.

"Kalau hujan di daerah pegunungan yang selalu kita waspadai adalah longsor," tukas Syahnan.