KISARAN-Siapa bilang barang bekas pakai yang terbuat dari bahan dasar plastik tak berguna dan hanya jadi sampah merusak pemandangan dan lingkungan ?

Tenang ditangan Khairul, sampah plastik itu bahkan bisa menghasilkan pendapatan Rp 20 juta dalam sebulan. Loh...??

Ditemui di tempat pengolahan, yang tak jauh dari rumahnya, pria berusia 28 tahun yang tercatat sebagai warga Siumbut Baru Kecamatan Kisaran Timur ini mengungkapkan trik mengolah limbah plastik itu menja lumbung rejeki.

"Saya bukan pengumpul tapi pengolah plastik. Secara pribadi soal mengolah sampah plastik ini sudah lama saya lakukan. Tapi saat ini saya bergabung di Yayasan Harum Sagara yang bergerak dalam bidang keperdulian terhadap lingkungan," ucapnya diawal.

Diterangkan Khairul, awalnya dirinya melalui Yayasan Harum Sagara membeli sampah plastik milik masyarakat. Selanjutnya, sampah plastik itu kemudian di dibersihkan menggunakan mesin sehingga menghasilkan plastik yang bersih dan kelihatan baru.

"Sampah yang dibeli dari masyarakat dikelola mengunakan mesin, sehingga plastik seperti botol akan hancur tercacah. Sedangkan plastik daun akan bersih dan kering," jelas Khairul dihadapan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Bambang, yang menemuinya di areal yayasan.

Diakui Khairul, dari usahanya itu, selain dapat mengurangi limbah sampah plastik, dalam seminggu pihaknya bisa mendapatka. Omset sekitar Rp 20 juta dalam seminggu.

"Kalau pertamanya kita lihat sampah plastik jorok, namun setelah dikelola dengan baik akan lebih bersih dan siap dijual dengan harga relatif mahal," ucap Khairul seraya mengaku saat ini pihaknya sedang menanti kedatangan mesin pengolahan untuk plastik jenis daun.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Bambang mengakui, menilai, melalui ide Khairul dan Yayasan Harum Sagara dapat membantu pemerintah, khususnya mengatasi sampah jenis plastik, dan diharapkan bisa mengurangi sampah plastik di masyarakat.

"Kalau sampah plastik ini berkurang maka akan memperkecil bibit penyakit tapi menjadikan peluang untuk meraup rupiah dari limbah sampah itu,” ucap Bambang.