MEDAN - Sebagai perguruan tinggi swasta yang terbanyak memproduksi guru besar (gubes) saat ini di Kopertis Wilayah I Sumatera Utara, ke depan diyakini nilai Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) akan memperoleh “A”. Keyakinan itu diungkapkan Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dr Dian Armanto kepada Rektor UHN Sabam Malau saat penyerahan Surat Keputusan (SK) dua Gubes UHN atas nama Prof Dr Sondang Manik MHum dan Prof Dr Sanggam Siahaan MHum di Kantor Kopertis Jalan Setia Budi Medan.

Dian Armanto, Rabu (14/6/2017) mengatakan secara nasional masih mengalami defisit Gubes. Di Indonesia saat in tercatat hanya 5.389 orang. Artinya, kekurangan Gubes mencapai 12. 000 orang. Bahkan di lingkungan PTS Wilayah I tidak mencapai 50 orang.

Dia sangat mengharapkan dalam waktu dekat jumlah Gubes di Wilayah Kopertis I bisa bertambah dan UHN saat ini memiliki 7 guru besar serta berprospek terbanyak karena dosennya ada 40 orang yang sudah S3.

Dian Armanto juga sangat mengharapkan UHN bisa mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah I Sumut untuk mendorong mutu pendidikan tinggi.

Diakuinya, UHN adalah milik dan aset potensi bangsa ini, maka harus mendorong semua dosennya untuk bisa S3 dalam sesegera mungkin. Rektor sangat mengapresiasi Koordiantor yang sangat banyak membantu dan memotivasi UHN ini.