MEDAN-Selama bulan Ramadan, ternyata paket wisata domestik maupun ke luar negeri sepi. Banyak masyarakat yang biasa berwisata masih fokus dalam menjalankan ibadah puasa.

"Meski memasuki Ramadan, tapi memang paket wisata sepi. Sangat jarang orang berwisata di bulan Ramadan. Semuanya, juga begitu tidak hanya bagi umat muslim saja khususnya yang menjalankan puasa. Tapi memang kalau di kalangan travel itu sudah pasti paham lah, kalau Ramadan sama sekali kosong," kata Direktur PT BWB Tour and Travel Indra Batubara.

Indra yang juga pengurus ASITA Sumut ini mengatakan selama bulan Ramadan ini pihaknya menjual paket wisata untuk libur lebaran nanti. Pada lebaran nanti, pihaknya saja sudah mendapat paket tour untuk ke Eropa dan Asia.

"Tapi itu semua saat lebaran dan sehabis lebaran ya. Kalau selama puasa memang sepi. Mungkin nanti kita bisa dapat juga tamu dari Thailand atau Malaysia tour ke Medan. Itu yang nanti kita garap," ujarnya.

Jika untuk tour Medan. Dia berharap adanya gebrakan Dinas Pariwisata Medan dalam mengelola pariwisata Medan dan tidak stagnan seperti saat ini yang terkesan tanpa promosi. Apalagi, meski ada program wisata di Medan hingga kini tidak terasa ke wisatawan.

"Wisatawan masih banyak yang tidak tahu apa saja even yang ada di Medan. Lalu, seperti Ramadan Fair itu. Terkesan seperti pasar rakyat atau pasar malam saja. Tidak ada promosi apapun disana," sesalnya.

Promosi itu, menurutnya, bisa berupa menggandeng konsulat negara tetangga seperti Malaysia saja dalam mempromosikan negaranya. Nantinya, akan berdampak pada saling promosi even yang ada di Medan ke negara tetangga itu.