MEDAN-Detasemen Khusus (Densus) 88 anti teror Mabes Polri akhirnya memboyong tiga terduga teroris dari Medan ke Jakarta. Demikian dikatakan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid - Humas) Kepolsian Daerah Sumatera Utara (Poldas - Sumut) Kombes Rina Sari Ginting.


"Keterangan dari pihak Densus, ketiganya sudah dibawa ke Jakarta tadi malam," kata Rina di Medan.

Akan tetapi, Rina mengungkapkan, datanya ada pada Densus 88. "Jika terkait datanya, ada pada mereka. Tapi kita sudah diinformasikan terkait diboyongnya tiga orang yang diduga teroris dari Medan ke Jakarta," ungkap orang nomor satu di bidang humas Polda - Sumut ini.

Rina menambahkan, ketiganya diboyong ke Jakarta untuk diperiksa melalui jalur udara. "Ketiganya dibawa ke Jakarta via jalur udara," tambah mantan Kapolres Binjai ini.

Sementara itu, terkait penangkapan tersebut, Forum Umat Islam (FUI) Sumatera Utara akan mendatangi Mako Brimob Polda Sumut pada Sabtu, (10/6/2017).

Dalam kaitan itu, FUI akan meminta keterangan serta klarifikasi terhadap penangkapan tiga aktivis Islam yakni, Komandan Laskar FUI Sumut, Azzam Alghozi alias Abu Yakub, Komandan Laskar Jundulloh Annas Sumut, Reza Alfino, dan personel Laskar Majelis Mujahidin, John Hen, yang dilakukan Densus pada Selasa (6/6/2017) dari beberapa lokasi di Kota Medan.

"Besok, (Sabtu - red) kami putuskan ke Mako Brimob, guna melakukan delegasi sebanyak 20 orang terdiri dari elemen ormas Islam, dan tim pembela hukum," kata Indra Suheri, Ketua FUI Sumut

Lebih lanjut Indra menerangkan, dalam delegasi, diharapkan satuan Densus 88 yang disebut-sebut berkoordinasi dengan Brimob, bisa menjelaskan mengenai klarifikasi terhadap proses penangkapan tiga aktivis Islam yang seolah dipaksakan.

"Komandan FUI itu sedang dalam keadaan sakit. Kami tidak mengetahui kondisinya seperti apa. Terlebih, ia masih ketergantungan dengan obat. Kami sekarang tidak tahu keberadaan serta kondisinya," terangnya.

Informasi sebelumnya, ketiga aktivis organisasi Islam yang ditangkap Densus 88 Anti Teror Mabes Polri dengan tuduhan terlibat terorisme sempat membuat heboh kalangan aktivis islam di Sumut. Begitupun, ketiganya telah diboyong ke Jakarta guna menjalani pemeriksaan.

Akan tetapi, pihak FUI Sumut beserta elemen Islam lainnya akan berdelegasi ke Mako Brimob Polda Sumut untuk menggali informasi serta mengklarifikasi penangkapan terhadap para aktivis islam tersebut.