MEDAN-Memasak Kari Aceh menjadi agenda rutin dari panitia buka puasa bersama Masjid Aceh Sepakat. Masjid yang terletak di Jalan Mengkara ini selalu mengadakan buka puasa bersama setiap hari di Bulan Ramadan.

Sekretaris Umum Yayasan Aceh Sepakat Bustami Usman menjelaskan, makanan Aceh menjadi pilihan menu berbuka di masjid ini. "Selain kari Aceh ada juga disediakan bubur kanji rumbi setiap tahun, " jelasnya.

Menurut Bustami, pihaknya menyediakan hingga seribu porsi kari aceh untuk berbuka puasa di hari biasa.

"Kalau Sabtu dan Minggu biasanya mencapai 1200 atau 1300," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan pihak pengurus Masjid Aceh Sepakat tidak membatasi orang yang akan berbuka di masjid tersebut. "Tidak hanya untuk orang Aceh saja, ini semua untuk kaum muslimin dan muslimat," tegasnya.

Dari pantauan terlihat 4 orang laki-laki sedang mengaduk panci besar. Di dalam panci tersebut, tampak daging yang berwarna kecoklatan dengan kuah berwarna kuning keemasan yang menggelegak. Aroma rempah-rempah sangat terasa di area tersebut.

Seorang juru masak, Saifuddin menjelaskan proses membuat kari Aceh tersebut memakan waktu hingga tiga jam. Menurutnya, panitia sudah mempersiapkan menu masakan tersebut sejak pukul 14.00 WIB.

"Saya membawahi masakan kari Aceh, dan ada juga yang khusus membawahi masakan bubur kanji Rumbi," jelasnya.