Batubara-Tiga pekan menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H, omzet pedagang busana muslim khususnya jilbab dan kopiah meningkat tajam dibandingkan pekan sebelumnya.

"Tiga minggu menjelang lebaran mulai ada peningkatan penjualan. Terutama jilbab yang banyak dibeli. Dibanding minggu sebelumnya suda ada peningkatan 2 kali lipat," ungkap Dedi H, salah seorang pedagang di pajak Pekan Minggu, Kecamatan Sei Balai.

Dedi mengatakan, penjualan diperkirakan akan terus meningkat sampai menjelang lebaran H-7. Bahkan, penjualan bisa mencapai 3 kali lipat dibanding hari biasa. Jenis pakaian yang banyak dibeli masyarakat biasanya jilbab untuk wanita dan kopiah untuk pria.

Jilbab yang paling banyak diminati model syar'i, sifon dan motif. Model syar'i harganya mulai Rp 100.000 - Rp 120.000/potong. Sedangkan model lain harga relatif mulai dari Rp 35.000 - Rp. 100.000/potong. Keuntungan yang didapat tiap pekannya bisa mencapai jutaan rupiah.

"Sampai H-7, penjualan akan terus meningkat," katanya.

Senada dikatakan Joni, salah seorang pedagang kopiah. Penjualan kopiah juga sudah mengalami peningkatan walau belum terlalu signifikan dibanding jilbab. Tetapi permintaan kopiah akan terus meningkat sampai lebaran nanti. Kopiah dijual mulai dari Rp. 10.000 - Rp. 50.000.

"Permintaan kopiah mulai meningkat walaupun tak terlalu signifikan dibanding jilbab. Tapi itu akan terus meningkat sampai menjelang lebaran nanti," ujarnya.