MEDAN-Bulan suci Ramadan 1438 hijriah, Yayasan the South Indian Moslem Mosque, setiap tahunnya rutin melakukan buka bersama puasa di Mesjid Ghaudiyah Jalan Haji Zainul Arifin Medan, Kecamatan Medan Petisah berupa nasi briani, bubur sup khas India serta susu atau chai menjadi menu special disajikan bagi warga yang akan berbuka puasa.

Setiap bulan suci ramadhan yayasan the south indian moslem mosque setiap tahunnya rutin melakukan buka puasa bersama di ghaudiyah yang dikethui masjid ini menjadi salah satu masjid bersejarah di kota Medan, kegiatan buka bersama ini sudah menjadi tradisi dilakukan umat Islam keturunan India ini saat bulan Ramadan tiba.

Sejak siang hari, para pengurus Masjid sudah sibuk menyiapkan panganan dan minuman untuk masyarakat yang ingin berbuka puasa di masjid itu semua pengurus juga menjalankan tugasnya masing-masing beraneka ragam makanan dan minuman disiapkan seperti buah kurma, bubur sup yang dicampur dengan daging kambing, kari kambing, acar nenas, nasi briani yang dicampur dengan daging kambing, serta susu atau chai, namun susu yang disediakan ini berbeda dengan susu lainnya susu atau yang disebut mereka chai ini dipadukan dengan beberapa rempah-rempah seperti kapulaga,cengkeh/ sehingga susu tersbeut dirasa berbeda dengan susu lainnya.

Singkat sejarah mengenai nasi beriani ini adalah serep dari seorang istri sajahak, seorang raja, nasi beriani ini di buat oleh istri hanya untuk suaminya raja sajaha. Kemudian nasi beriani tersebut di hidangkan saat hari minggu saja, sehingga warga yang berbuka puasa rela mengantri untuk mengambil nasi beriani demi merasakan kelezatannya yang luar biasa.

Muhammad Zein, wakil ketua yayasan the shout indian muslim mengatakan setiap harinya menyediakan menu bubur khas india, kurma, dan susu atau disebut chai, inilah menu utama berbuka puasa khusus warga kota Medann namun ada lebih special lagi khusus di hari Minggu yayasan menyiapkan nasi braini dan agenda buka puasa di masjid ini menjadi tradisi setiap bulan ramadhan.

Sementara itu, Juli, salah seorang warga mengatakan, buka puasa di masjid ghaudiyah ini enak ramai dan juli bersama keluarganya sengaja datang kesini untuk berbuka puasa dengan menyantap nasi braini ciri khas Nndia dengan kari kambing ala india yang disediakan oleh pengurus masjid sering juga datang ketempat ini untuk menikmati suasana berbuka puasa di Masjid ini.

Mesjid Ghaudiyah ini, menjadi paporit masyarakat sekitar dan masyrakat kota Medan khususnya untuk berbuka puasa di saat bulan suci Ramadan tiba dan Masjid Ghaudiyah sudah berdiri sejak tahun seribu sembilan ratusan lalu jadi bagi anda yang ingin mencicipi menu berbuka dengan menu khas india bisa datang ke masjid ghaudiyah ini dan menu special nasi briani hanya disediakan setiap hari Minggu.