LANGKAT-Petani semangka di Langkat saat ini tersenyum ceria dengan naiknya harga jual hingga 100% dari produksi semangka yang mereka panen. Dari Rp 2.000 menjadi Rp 4.000/kg untuk semangka non biji dan sweetgold.

"Kalau semangka biji biasanya hanya Rp 1.000 per kilo, ini naik jadi Rp 2.000 per kilo. Sedangkan semangka non biji dan sweetgold dari harga jual Rp 2.000 menjadi Rp 4.000 per kilo," kata Ngateman. salah seorang petani semangka yang sedang panen di lahan pertaniannya di pinggiran rel Lingkungan VI Peringgan Kelurahan Pekan Gebang Kecamatan Gebang, Langkat.

Naiknya harga itu didorong dengan banyaknya kebutuhan konsumen di musim panas saat puasa Ramadhan. "Ya mungkin kebutuhan meningkat karena bulan puasa, dan juga produksi semangka petani baru mulai keluar," sebut Sukari, pedagang penampung semangka di Gebang.

Jika kebutuhan konsumen di bulan puasa ini terus meningkat, dan penjual menaikkan harga pembelian, diprediksi harga semangka di tingkat petani bakal naik lagi di atas Rp 5.000-an per kilo gram.