MEDAN - Ada enam orang terbukti melakukan penikaman, pembacokan, hingga penembakan terhadap Jakamal Tarigan. Kapolrestabes Medan Kombes Sandi Nugroho sudah mengantongi identitas tersangka pembunuh.

Dari enam orang yang diduga terlibat langsung membunuh korban, satu di antaranya sudah diamankan. "Sekarang, kami masih mengejar lima orang lainnya,” kata Sandi.

Pembunuhan Jakamal berawal dari terjadinya ribut-ribut antar sesama warga Pasar IV, Desa Serbaguna, kasus ini tidak ada kaitannya dengan masalah perebutan lahan garapan, jelas Sandi.

Keributan berawal terjadinya kecelakaan lalu lintas. Ada warga yang senggolan motor, mengakibatkan terjadinya cekcok. Lantaran warga yang cekcok adalah tetangga Jakamal, ia pun berusaha menengahi masalah tersebut. Namun, setibanya di lokasi. Saat berusaha melerai perkelahian ini, Jakamal ini malah diserang dan dibacok.

Dengan nada kesal mengungkapkan, Sandi memastikan akan memburu para pelaku sampai dapat. Sebab, perbuatan para pelaku cukup sadis.

Puluhan pria diamankan petugas Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan, dan Polda Sumut di lokasi pembunuhan Jakamal. Orang-orang tersebut ditangkap bersama barang bukti senjata tajam, Sabtu dini hari.

“Sudah ada beberapa pelaku yang diamankan. Namun, mereka yang diamankan ini masih dalam pemeriksaan,” ungkap Sandi di RS Sinar Husni Jalan Proyek/Banten, Labuhan Deli. Namun belum mau menjabarkan apakah dari mereka yang diamankan ada terduga otak pelaku pembunuhan.

Masih dalam pemeriksaan seluruh yang diduga ikut terlibat dalam pembunuhan sembari mencari yang lima orang lagi yang melarikan diri, ungkap Kapolresta Medan mengakhiri.