SAMOSIR - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir berencana akan melakukan proses ujian seleksi ulang kepada jabatan kepala sekolah mulai tingkat SD hingga SMP. "Sesuai dengan tuntutan Peraturan Kementerian Pendidikan, terlebih dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Samosir, seleksi ulang terhadap jabatan kepala sekolah akan dilakukan dalam waktu dekat," ujar Kepala Dinas Pendidikan Samosir, Rikardo Hutajulu belum lama ini di Pangururan.

Dirinya, menambahkan bagi kepala sekolah yang diangkat jauh jauh hari sebelumnya bisa tetap menjabat namun bisa juga tidak. Pasalnya, semua proses seleksi akan melibatkan pihak dari Kementrian Pendidikan.

"Beberapa pejabat kepala sekolah sebelumnya mungkin saja diangkat karena ada calo atau memberikan sesuatu untuk memperoleh jabatan, sehingga perlu dilakukan seleksi ulang. Dan, nanti saat seleksi akan terlihat para kepala sekolah pernah mengikuti ujian dan juga pernah diklat, sebab akan terlihat mampu memegang jabatan kepsek," tambahnya.

Lebih lanjut, dalam seleksi tersebut tim penguji dari Kementerian Pendidikan akan mengeluarkan hasil yang lulus berdasarkan hasil ujian dan bukan karena lobi. Dan, Rikardo juga menyampaikan lebih kurang 200 orang kepala sekolah akan mengikuti ujian seleksi dan lewat seleksi diharapkan prestasi pendidikan Samosir akan meningkat tiap tahun.