BALIGE-Minat masyarakat di Pasar Tradisional Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) untuk pekan hari ini khususnya untuk jenis ikan asin terkesan rendah.

Hal ini dapat dilihat dari sejumlah pedagang yang menjajakan dagangannya tidak mendapat sambutan positif dari pengunjung.

Kalpin Simamora, dari 10 jenis ikan asin yang dijajakan hanya ada beberapa jenis saja yang dilirik oleh pengunjung bahkan jumlahnya hanya sedikit, sehingga dikhawatirkan olehnya dagangannya tidak akan habis seperti biasanya. "Sepi pak, pembeli juga sedikit," ujarnya.

Menurut Kalpin, untuk perdagangan jenis ikan asin salah satu pangsa pasar terbanyak adalah pasar Balige. Tapi, entah apa terjadi, disebutkan dia, hingga hari menjelang sore barang dagangannya terjual masih hitungan di bawah 10 kg.

"Rugi tidak, hanya kesempatan meraih untung di Balige sama sekali di luar dugaan," jelasnya menyebut harga masih tetap masing-masing ikan antara Rp 15.000/kg - Rp 25.000/kg.

Diakui pedagang dan mengakui tinggal di Sibolga, semenjak kehadirannya di Pasar Balige di setiap Jumat untuk pecan, baru kali ini mengalamami seperti itu. Karena dari 10 jenis ikan asin seperti ikan teri, ikan sampah, pari, udang, ikan parang, senangin, kepala batu, teri udang dan pari tipis hanya empat jenis yang terjual.

"Dari keseluruhan jenis ikan asin yang terjual hanya sebanyak 15 kg untuk jenis kepala batu, udang, ikan parang dan pari tipis," terangnya dan tidak mau dikonfirmasi berapa keuntungan yang sudah diperoleh.