BANDA ACEH-Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), calon mahasiswa (cama) yang berminat dan memilih untuk masuk Unsyiah pada tahun 2017 sudah mencapai 61.365 orang, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (19/5/2017).

Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng mengatakan, puluhan ribu peminat Unsyiah tersebut merupakan jumlah total cama yang mendaftar pada dua jalur masuk Unsyiah, yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017.

“Jika dibagi, jumlah peminat pada jalur masuk SNMPTN 2017 mencapai 18.556 orang dan di jalur SBMPTN menembus angka 42.809 orang,” sebutnya.

Disebutkan, cama yang memilih Unsyiah tersebut ada yang menjadikan Unsyiah sebagai pilihan pertama, kedua, dan ketiga. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, selain SNMPTN dan SBMPTN, masih ada satu jalur penerimaan mahasiswa yang akan segera dibuka mulai 1-30 Juni 2017.

“Jalur tersebut dulunya disebut dengan Ujian Masuk Bersama (UMB) atau Mandiri, tapi tahun ini berganti nama menjadi Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-BARAT),” jelasnya.

Prof Samsul mengungkapkan, dengan adanya jalur ini maka jumlah pemilih atau peminat Unsyiah nantinya akan kembali bertambah. Pada tahun ini Unsyiah menyediakan kuota 30 persen dari 5.460 calon mahasiswa yang diseleksi untuk jalur SMM PTN-Barat 2017. Sebelumnya, Unsyiah telah menyelenggarakan ujian tulis SBMPTN pada 16 Mei 2017. Bagi peserta SBMPTN yang belum berkesempatan lulus melalui SBMPTN dapat mendaftarkan dirinya secara online pada jalur SMM PTN-BARAT 2017 pada awal Juni nanti. Pendaftaran dilakukan di situs www.smmptnbarat.id.

“Pengumuman hasil SBMPTN akan diumumkan pada 13 Juni 2017 pukul 17.00 WIB. Bagi yang belum lulus di jalur tersebut, masih mempunyai kesempatan untuk menempuh jalur SMM PTN-BARAT 2017,” paparnya.