MEDAN - Selain menjadi pusat dari kegiatan ibadah, keberadaan masjid juga  sebagai media sosialisasi yang dilakukan umat Islam sehari-hari. Kegiatan ini tentunya akan semakin bertambah saat bulan Ramadhan di mana semakin banyak kegiatan ibadah yang dilakukan secara berjamaah. "Di bulan Ramadhan kegiatan di masjid semakin banyak seperti shalat wajib dan sunnah, sholat tarawih, pesantren kilat, pengajian rutin, sahur dan berbuka puasa bersama dan banyak lagi lainnya sehingga jumlah jamaah yang beribadah di masjid juga bertambah," kata Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumut, Sotar Rasyid Nasution, Kamis (18/5/2017), di Masjid Al Jihad Jalan Darussalam Medan.

Oleh sebab itu, diperlukan masyarakat untuk ikut serta menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman.

"Masjid yang bersih dan nyaman dapat mendukung para jamaah menjalankan ibadah dengan khusyuk, nyaman dan lancar untuk meraih kesempurnaan Ramadhan," terangnya.

Dengan demikian, kata dia, kegiatan ini mampu mewujudkan salah satu pilar paling penting bagi umat muslim yaitu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan lahiriah ataupun bathiniah.

Unilever bersama DMI dan sejumlah pengurus masjid berharap kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyaman masjid. Dengan demikian terangnya, kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk bersama-sama ikut melakukan kebaikan dan kontribusi positif menjelang Ramadhan yang akan segera dimulai minggu depan, serta menumbuhkan rasa kepedulian dan kecintaan kepada masjid di sekitar tempat tinggal mereka.

"Mari kita sambut Ramadhan yang akan datang sebentar lagi dengan masjid yang bersih dan jadikanlah kegiatan ini sebagai langkah awal untuk terus menerapkan budaya membersihkan masjid yang dilakukan setidaknya setiap menjelang Ramadhan serta pada hari-hari lainnya," harapnya.