MEDAN-Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 telah berakhir, dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan 16 Mei 2017 mendatang. Namun, bagi calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN/SBMPTN akan diberi kesempatan melalui jalur mandiri.

Menurut Rektor USU, Runtung Sitepu, akan disediakan 2200 kursi khusus jalur mandiri. Namun penndaftaran akan dibuka setelah pengumuman hasil SBMPTN.

"Masih ada jalan lain bagi yang nanti tidak lulus SNMPTN/SBMPTN," ujar Rektor Runtung menjawab wartawan via Telepon selular.

Namun, ia belum memberitahu pasti tanggal berapa pendaftaran jalur mandiri. Sedangkan, seleksi penerimannya katanya, tidak berbeda jauh dengan sistem SNMPTN dan SBMPTN.

"Belum diketahui dari sekolah mana saja. Sedangkan kriteria penerimannya, tidak berbeda jauh dengan sistem seleksi SBMPTN dengan SNMPTN,"sebutnya.

Ia menjelaskan, pembayaran uang kuliahnya, bervariasi. Serta ditinjau dari jenis jurusan yang diambil oleh mahasiswa bersangkutan. Namun tak disebutkan besarannya.

"Tentu, uang kuliahnya yang jurusan Kedokteran dengan hukum misalnya. Pasti berbeda. Jadi berdasarkan jurusan yang digelutinya,"terangnya.

Ia menambahkan, jalur SNMPTN dan SBMPTN diterapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). "Artinya berbeda-beda semuanya, sesuai dengan kemampuan orangtuanya,"paparnya.

Daya tampung total Universitas, USU tahun ini total 7450 orang.