MEDAN - Hujan lebat disertai badai dan guntur menyebabkan sejumlah pohon bertumbangan di beberapa kawasan di Medan. Syukurnya, belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini. Akan tetapi, satu unit mobil dilaporkan rusak karena tertimpa pohon yang tumbang. Sebelumnya, BMKG Wilayah I Medan telah memperingatkan warga khususnya di bantaran sungai untuk berhati-hati serta mewaspadai pohon tumbang.

Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Muhammad Yunus mengatakan, pohon tumbang ini terjadi di Jalan Menteng 7 dan Jalan Seksama simpang Jalan Bahagia Bypass.

Pohon tumbang diduga disebabkan angin kencang.

"Di Jalan Seksama pohon tumbang menimpa satu unit mobil Suzuki Ertiga plat BK 1315 IL milik Martin, penduduk Jalan Bambu Runcing Medan," kata Yunus, ketika dikonfirmasi GoSumut, Sabtu (6/5/2017).

Beruntung, Yunus menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja mobil tersebut mengalami rusak parah.

"Petugas BPBD Medan‎, dan Dinas Pertamanan bersama pihak terkait juga dibantu masyarakat sudah turun ke lokasi guna mengevakuasi mobil itu," tambahnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan meminta agar masyarakat lebih berhati-hati. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menghindari kawasan yang banyak pepohonannya. Sebab, dikhawatirkan bisa tumbang akibat angin kencang.

"Karena dikhawatirkan pohon-pohon di Medan banyak yang sudah tua dan mudah tumbang ketika terjadi hujan deras disertai badai guntur. Masyarakat diharapkan menghindari lokasi yang banyak pohonnya dan tidak lupa pula untuk berhati-hati," imbaunya.