PADANGSIDIMPUAN - Harga kebutuhan pokok tiga minggu menjelang Ramadhan di pusat Kota Padangsidimpuan tidak normal (fluktuatif). Sebagian harga kebutuhan pokok di pasar tersebut mengalami kenaikan dan lainnya justru turun. Tidak normalnya harga kebutuhan pokok ini, kata sejumlah pedagang di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Sidimpuan, suatu hal yang lumrah terjadi menjelang bulan puasa. Menurut mereka, daya beli masyarakat turut memengaruhi naik-turunnya harga di pasar.

"Sebagian harga kebutuhan pokok naik, sebagian lainnya justru turun. Itu hal lumrah yang terjadi pada saat jelang ramadhan," kata Riana (27) salah satu pedang di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (6/5/2017).

Harga kebutuhan pokok seperti tepung terigu naik dari Rp 6 ribu per kg menjadi Rp 6.500 per kg, minyak curah dari Rp 12 ribu per kg naik menjadi Rp 12.500 per kg. Begitu juga dengan tepung terigu. Dari Rp 6 ribu per kg, tepung terigu naik menjadi Rp 6.500 per kg.

Sedangkan gula pasir, dari Rp 15 ribu per kg turun menjadi Rp 13.500 per kg. Sementara, harga gula merah masih normal di level Rp 20 ribu per kg. Demikian juga harga cabai masih normal yakni Rp 20 ribu per kg.

"Sebagaimana biasanya memasuki bulan ramadhan nanti, harga kebutuhan akan mengalami kenaikan secara umum," imbuh Riana.

Pantauan di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Paadangsidimpuan, sejumlah pedagang belum terlihat meningkat kesibukannya dalam melayani pembeli. Hal itu disebabkan daya beli masyarakat cenderung masih menurun.

"Kalau daya beli masyarakat saat ini cendrung menurun, Bang," tambah Riana.