MEDAN - Sudah bukan rahasia umum lagi jika di wilayah Kecamatan Belawan khususnya di Kelurahan Belawan I dan Belawan II marak terjadi aksi tawuran antar warga terutama menjelang bulan suci Ramadhan. Aksi tawuran antar warga tersebut biasanya bermula dari aksi saling ejek antar pemuda maupun anak-anak yang merembet dan membesar menjadi aksi saling lempar dan saling serang. Kapolsek Belawan Kompol Eddi Supriyanto kepada wartawan, Kamis (4/5/2017) menegaskan, untuk menekan dan mencegah terjadinya aksi tawuran tersebut, Polsek Belawan menerapkan beberapa inovasi yang melibatkan seluruh pihak. Inovasi yang diterapkan antara lain Kapolsek Belawan beserta jajarannya juga turun langsung ke masyarakat untuk memberikan imbauan dan mengajak warga yang tidak suka dengan aksi tawuran untuk ikut pro aktif membantu polisi dalam menciptakan keamanan.

"Inovasi berikutnya yang diterapkan yaitu menggalang seluruh elemen masyarakat baik tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda (agar) dalam setiap kegiatan pertemuan maupun rapat untuk bersama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," ujar Kompol Eddi.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan seluruh Muspika dan mengajak untuk tampil dan hadir ditengah - tengah masyarakat apabila terjadi aksi tawuran.

"(Agar jika terjadi bentrok, kita bisa) bersama-sama mencari penyebab pokok permasalahan dan langsung diselesaikan agar tidak berlarut dan tidak menjadi luas dan membesar," jelasnya.

Kapolsek Belawan juga selalu mengunjungi kepling dan memberikan motivasi agar kepling berani menegur warganya dan menegaskan bahwa tanpa Kepling keperluan warganya tidak akan dilayani dan selalu tampil untuk bekerja sama dengan polisi khususnya Babinkamtibmas.

"Nanti kita juga akan memasang spanduk-spanduk imbauan di setiap kelurahan terutama di lokasi-lokasi rawan aksi tawuran," ungkapnya.

Kapolsek Belawan juga mengatakan, semua orang suka dengan kehidupan yang damai. Maka dari itu dirinya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif khususnya di wilayah Kecamatan Belawan, terutama menjelang bulan suci Ramadhan yang sangat dinantikan oleh umat Islam.