MEDAN-Ribuan masyarakat umum, ASN, pelajar, TNI/Polri, mahasiswa, kelompok organisasi kepemudaan dan ormas meramaikan kegiatan gerak jalan sehat beregu dalam rangka Hari Jadi ke-69 Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan yang menutup rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Provinsi Sumut ini dibanjiri dengan ratusan hadiah menarik.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melepas keberangkatan gerak jalan sehat dengan titik start di depan Kantor Gubsu Jl Diponegoro, Medan. Jalan sehat diikuti sekitar 5.128 peserta melintasi rute Jalan Diponegoro- Jl Zainul Arifin- Imam Bonjol-Jl Diponegoro. Dari ribuan peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan gerak jalan sehat tersebut terdiri atas 224 regu dan selebihnya perorangan.

Usai gerak jalan seluruh peserta menikmati makanan dan minuman serta hiburan dan berjoget bersama bertempat di halaman Kantor Gubernur Sumut.

Tengku Erry Nuradi berhasil membuat meriah acara dengan melempar kuis berhadiah sepeda. Pertanyaan yang dilemparkan Gubsu membuat semangat para peserta yang hadir. “Sebutkan nama kabupaten/kota di kawasan pantai timur,” kata Gubsu.

Pertanyaan yang dilontarkan Gubsu itu membuat para peserta berebut untuk kesempatan menjawab pertanyaan. Salah seorang peserta dari masyarakat umum berhasil mejawab dan mendapat hadiah sepeda pertama.

Gubsu Erry kemudian ? melanjutkan kuis dengan pertayaan berikutnya yaitu nama kabupaten/kota di kawasan dataran tinggi, delapan etnis lokal Sumut, nama pahlawan asal Sumut, 10 nama Gubernur Sumatera Utara. Sepeda-sepeda yang tersedia berhasil berpindah tangan dari panitia ke pemenang kuis.

Tidak cukup di situ, Erry mengakomodir kalangan TNI dan ASN dengan melontarkan pertayaan yaitu menyebutkan panca prasetya korpri bagi ASN dan sapta marga bagi TNI. Uniknya seorang ibu rumah tangga juga ikut memboyong sepeda setelah sukses menyebutkan nama-nama pasar tradisional.

Usai kuis, Gubsu Erry mendadak membuat lomba joget beregu dimana setiap kelompok membentuk formasi lingkaran sambil berjoget. Iringan musik lagu Maumere membuat peserta lomba joget dadakan semakin atraktif menggerakkan badan sambil berteriak mengiringi musik. “Ayo bentuk lingkaran, silahkan berjoget ke atas ke bawah ke samping, tapi lingkaran tidak boleh putus,” seru Erry. Gubernur didampingi Kepala SKPD mengamati dari atas panggung dan menilai regu dengan joget paling kreatif dan atraktif.

Kadispora Provsu juga ketua panitia, Baharuddin Siagian mengatakan, gerak jalan dalam rangkan Hari Jadi ke-69 sengaja tidak saja melibatkan ASN namun juga TNI, Polri, mahasiswa pelajar dan kelompok organisasi keolahragaan dan pemuda untuk memperkuat silaturahmi. " Tujuannya selain agar tubuh bugar dan sehat juga meningkatkan silahturahmi dan komunikasi," ujar Bahar.

Karena dengan komunikasi yang baik, lanjutnya, akan lebih mudah menyelesaikan berbagai persoalan. "Dengan kegiatan ini kita rajut kebersamaan dan kekompakan anatara tni/polri dan masyarakat. Kalau sudah kompak, sumut yang berdaya saing dan sejahtera akan tercapai, Sumut akan semakin paten," kata Bahar.

Adapun hadiah undian bagi peserta jalan sehat diantaranya sepeda motor Yamaha, 21 unit sepeda, 10 unit TV LCD, belasan kompor gas, rice cooker, lemari pendingin dan sebagainya. Sedangkan bagi gerak jalan beregu memperebutkan piala dan uang tunai.