MEDAN-Pawai mengenakan pakaian ikhram dengan 10 ribu peserta, di kegiatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)  ke-27 sekaligus penutupan Rakernas Regional I Sumatera di Asrama Haji Medan dilaksanakan IPHI Sumut, berlangsung meriah dan berhasil meraih rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) 2017 kategori pawai mengenakan pakaian ikhram terbanyak.

Sementara Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Pemimpin Umum Harian Waspada dan sejumlah tokoh masyarakat serta ulama meraih IPHI Award. IPHI Award tahun ini diberikan atas dedikasi dan peran aktif para pejabat dan tokoh masyarakat bagi kemajuan IPHI.

Hadir Ketua Dewan Pembina  IPHI Pusat Purn Joko Santoso, Tuan Guru Besilam Syekh Hasyim Al Syarwani, Kankemenag Kota Medan Iwan Zulhami, Kabag Agama Pemko Medan Ilyas Halim, Ketua Umum IPHI Sumut Ahmad Husein, Kabag Agama Pemprovsu Muhammad, serta undangan lainnya. Turut serta dalam kegiatan pawai, peserta Raker dari 10 Provinsi (Aceh, Sumut, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Bengkulu, Sumaterra Selatan, Kepulauan Babel dan Lampung) serta Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi saat penyerahan plakat MURI berharap prestasi ini hendaknya menjadikan IPHI Sumut lebih berdayaguna di tengah masyarakat.

Kehadiran haji dan hajjah di tengah masyarakat mampu menjadi penyejuk dan pemberi solusi, jika ada yang menghadapi masalah. “Kekuatan umat Islam berada di tangan umat sendiri, bukan di tangan umat lain,” tandas Erry.

Menurut Erry, IPHI yang telah berusia 27 tahun tidak hanya mampu bisa mengalang umat baik untuk pemberdayaan ekonomi juga jalinan ukuwah semakin solid.

"Setiap tahun umat Islam menunaikan ibadah haji dan bila IPHI yang jumlah anggotanya mencapai ratusan setiap tahunnya Insya Allah tak hanya ukuwah dan silaturahmi terus bertambah juga pemberdayaan ekonomi syariah harus ditingkatkan misalnya ada swalayan IPHI yang bertujuan memenuhi kebutuhan umat muslim," tutur Erry.

Oleh karena itu, kata Gubsu, kegiatan ini juga hendaknya dapat memberi dorongan dalam membangun dan memotovasi umat untuk meningkatkan ekonomi Islam.

Sementara, Ketua IPHI Sumut Ahmad Husein menyebutkan pelaksanaan pawai melibatkan 10 ribu peserta, menjadi momen penting dalam pelaksanaan Harlah  IPHI ke 27, sekaligus ajang silaturahmi pengurus se Sumatera. "Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini, terlebih panitia yang berupaya melaksanakan kegiatan,"katanya.

Sedangkan, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin yang hadir dalam kegiatan ini menyebutkan, pawai mengenakan pakaian ikhram merupakan ajang positif, bagi para haji dan hajjah, karena mengenang kembali saat-saat mereka di tanah suci.

Sementara, bagi masyarakat yang melihat kegiatan ini, diharapkan menjadi motivasi buat mereka untuk bercita-cita melaksanakan ibadah haji. "Pesertanyakan bukan hanya yang sudah melaksanakan haji, tetapi yang belum haji juga ada. Sehingga diharapkan mereka berkeinginan melaksanakan haji maupun umrah ke tanah suci.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry Nuradi menyerahkan dua hadiah umrah ke tanah suci bagi peserta pawai yang beruntung. Karena ada tambahan hadiah umrah, peserta pawai, akhirnya merasa gembira, sebab hadiah yang diberikan oleh panitia pelaksana IPHI berupa umrah ke tanah suci, yang hanya satu orang bertambah 3 orang lagi. Yakni dengan penambahan oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin satu orang dan Gubsu HT Erry Nuradi sebanyak dua orang. Empat pemenang hadiah umrah yang beruntung yakni Hanifah, Zuriah, Masrina Siregar dan Hj Nilawati.