PADANG LAWAS - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terpadu Pondok Pesantren Al-Jafariyah Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) melakukan panen perdana padi, Rabu (26/4/2017) di persawahan Balai Benih Induk Balangka Sitongkol Lubuk Barumun.

"Panen perdana praktik lapangan siswa SMK Terpadu Pondok Pesantren Al-Jafariyah ini merupakan bukti nyata kontribusi swasembada. Lebih dari itu, SMK Al-Jafariyah juga sudah membantu melaksanakan program Palas Bercahaya," ungkap Bupati Palas H Ali Sutan Harahap.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengapresiasi program SMK terpadu Al-Jafariyah. Dia berharap, supaya instansi terkait dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan agar lebih proaktif melakukan kerja sama kepada lembaga pendidikan seperti Al-Jafariyah.

" Hari ini Lembaga pendidikan SMK Terpadu Al-Jafariyah dan Dinas Pertanian Palas, telah melihatkan kontribusinya untuk mewujudkan Swasembada Pangan. Lebih dari itu, apa yang kita lihat hari ini merupakan fakta yang harus dicontoh oleh lembaga pendidikan lain serta instansi lain di Palas," ujar pria yang akrab disapa TSO itu.

Sebelumnya, Pimpinan SMK Terpadu Al-Jafariyah H.Pauzan Hasibuan, menyebutkan, luas panen perdana hasil praktik lapangan siswanya sekitar satu hektar dan dikerjakan oleh enam kelompok.

Selain itu, bersama Dinas Pertanian Palas, pihaknya akan mengajarkan siswa/siswinya untuk praktik bertanam holtikultura seperti cabai dan terong.