ISTANBUL–Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi berada di Turki untuk melihat langsung kapal pembangkit listrik terapung, Marine Vessel Power Plant (MVPP).

Kapal listrik terapung berkapasitas 240 Megawatt (MW) itu merupakan terbesar di dunia yang disewa PLN menutupi defisit listrik 100 MW di Sumatera Utara. Utara.. Direncanakan tiba di Belawan satu bulan ke depan.

“Alhamdulilah serah terima di Pelabuhan Turki sudah selesai dan akan berangkat dari Istanbul, Turki menuju Belawan,” ucap Erry dari Instambul.

Erry bilang, kedatangan kapal pembangkit listrik tersebut akan bersamaan dengan transmisi 275 Kilovolt yang menjadi bagian dari proyek Tol Listrik Sumatera dan dapat dioperasikan untuk mengevakuasi daya dari Sumatera Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatera Bagian Utara sebesar 200 Megawatt.

Erry berharap, dengan adanya kapal listrik Turki dan Tol Listrik ini, tidak ada lagi masalah pemadaman yang dikeluhkan masyarakat di Sumut. Atasi Defisit Listrik, Sumut Sewa Kapal Listrik Turki

“Namun, kalau pun ada pemadaman itu mungkin karena masalah teknis, seperti mesin rusak, instalasi listrik tumbang dan masalah teknis lainnya. Kita optimis kerjasama PLN dan Pemprov Sumut dapat semakin paten ke depan,” tutur Erry.