SERDANG BEDAGAI – Dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, diperkirakan Pantai Kelang yang terletak di Desa Naga lawan, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai (Sergi) bakal hilang. Hal itu disebabkan terjadinya abrasi berkepanjangan dalam kurun waktu 2 tahun belakangan. Bahkan diperkirakan 17 meter bibir pantai sudah menjadi lautan. Hal itu dapat dilihat dari beberapa pohon pinus yang dulunya berada di bibir pantai, kini sudah berada di laut dengan jarak lebih dari 15 meter dari bibir pantai.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan warga Pantai Kelang, Ipin (48). Menurutnya, pondok-pondok yang dibangun pada ujung pohon pinus, kini sudah bergeser ke laut dalam kurun 2 tahun.

“Dulu pondok kami di sana pas ujung pohon cemara itu,” ujarnya.

Dikatakannya, abrasi tersebut terjadi beberapa tahun lalu. Namun yang terparah selama 2 tahun terakhir ini terjadi pengikisan daratan sampai belasan meter.

“Gak usah pondok, jalan aja habis kena abrasi, diperkirakan beberapa tahun ke depan Pantai Kelang hilang,” bilang Ipin.

Suyani (27) warga Medan mengatakan, dirinya beserta keluarga sering datang jalan-jalan ke Pantai Kelang. Namun kini terlihat sempit dan gersang akibat pohon pinus di bibir pantai sudah tumbang.

“Dulu pohon-pohon itu di bibir pantai, sekarang sudah di tengah laut,” ujarnya.