MEDAN - 40 klub anggota atau pemilik PSMS diminta untuk segera melaporkan keabsahan status klub, baik dari pelatih, pembinaan pemain hingga lapangan latihan yang dimiliki. Jika pemilik klub tidak memberikan laporannya untuk proses verifikasi keabsahan klub anggota PSMS, maka klub tersebut dianggap tidak ada. "Para pemilik klub anggota PSMS ini akan kita verifikasi ulang dengan meminta laporan keabsahan dari masing-masing klub. Mereka kita tenggat hingga 27 April mendatang. Kalau tidak ada juga, maka kita tetap akan jalan. Dan selama ini klub-klub yang mengaku anggota PSMS itu berarti tidak ada, alias nama saja," tegas Presien Klub PSMS, Kodrat Shah saat ditemui di Sekretariat PSMS Medan, Komplek Stadion Kebun Bunga, beberapa waktu lalu.

Masih menurut Kodrat, Jika klub keberatan untuk melakukan verifikasi berarti klub tersebut tidak menaati keputusan rapat yang sebelumnya dilakukan PSMS dan perwakilan klub anggota PSMS.

"Pemberian batas waktu verifikasi klub tanggal 27 April nanti diputuskan melalui rapat. Kalau pun sampai batas waktu tidak ada klub yang melaporkan atau hanya beberapa saja, tidak ada masalah. Kalau itung-itungan kami, sebanyak 25 klub itu tidak jelas. Merekalah yang selama ini mengobok-obok PSMS ini," kata dia.

Apa lagi kata dia, pihaknya juga telah mengimbau sejumlah klub untuk melengkapi administrasi dan segera melaporkannya kepada PSMS.

"Jadi ini bukan maunya kita, atau PSMS semata. Ini merupakan perintah PSSI dan nanti akan sampai juga ke FIFA. Setelah terverifikasi, PSSI akan turun langsung ke klub tersebut mengecek kebenarannya," sebut Kodrat.

Di sisi lain, Kodrat menilai, enggannya klub untuk memverifikasi keabsahannya lantaran klub tidak punya bukti kuat terkait kepemilikan dan pengelolaan klub masing-masing. "Yang pasti, yang kita lakukan itu untuk memperbaiki yang selama ini terjadi, sehingga ke depan siapapun pengurus PSMS ini bisa bekerja dengan baik," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kodrat juga mengingatkan jika PSMS Medan akan menggelar peluncuran (launching) skuat untuk mengarungi musim Liga 2 Liga Indonesia Baru (LIB) 2017/2018 PSSI bertepatan dengan ulang tahun PSMS Medan, 21 April mendatang.

Kegiatan Launching ini rencanankan akan digelar secara sederhana dengan mengundang sejumlah anak yatim, sembari meminta doa agar PSMS bisa mengarungi Liga 2 dengan hasil yang terbaik.