LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap berharap agar para jamaah katolik dapat bahu membahu dalam pembangunan Gua Maria Gereja Paroki Santo Petrus Rasul. Sebab, katanya, pembangunan rumah ibadah ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

"Untuk pembangunan Gua Maria Gereja Paroki Santo Petrus Rasul yang berlokasi di Kompleks Katolik Centre ini Bupati Labuhanbatu akan memberikan bantuan sebesar Rp100 Juta”, kata Pangonal Harahap dalam arahannya pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gua Maria Gereja Paroki Santo Petrus Rasul, Jumat (14/4/2017)

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, kata dia, sangat tanggap dengan hal-hal seperti ini. Bahkan, sebutnya, beberapa waktu lalu ada utusan memohon kepadanya supaya ada Bimas Katolik di Departemen Agama dan permohonan utusan pastor itu sudah diajukan permohonan kepada Kementerian Agama.

"Saya juga sangat bangga tentang kerukunan kita beragama di Labuhanbatu ini, karena tidak pernah ada suatu gesekan-gesekan. Ini berarti rasa persaudaraan kita di sini sangat kental. Harapan saya marilah persahabatan atau persaudaraan ini ke depan bisa kita tingkatkan kembali dan pada kesempatan ini saya selalu mendukung program-program yang dilaksanakan oleh seluruh para ummat yang ada di Labuhanbatu," jelas Pangonal Harahap.

Sementara itu, Pastur Paroki Jamarius Rumairi Marilalan, SX dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari pembangunan Gua Maria ini adalah tempat berdoa untuk mengungkapkan iman kepada Tuhan yang penuh misteri.

"Gua Maria inilah tempat kami nanti berjiarah, tempat berdoadan Gua Maria ini bukanlah tempat Gereja Katolik yang baru tetapi tempat semacam relief di mana kami hendak menyelami misteri Allah yang begitu besar tapi sedikit dipahami manusia dan hendak kami refleksikan dengan adanya Gua Maria ini," sebut Pastur ini.

Menurut Pastur Paroki ini, bahwa pembangunan Gua Maria Gereja Paroki Santo Petrus Rasul menelan biaya lebih kurang sebesar Rp 1,5 miliar yang menurut rencana akan diresmikan pada bulan Agustus 2018 mendatang.

"Selain itu kami juga akan merenovasi Gereja yang ada dilokasi ini menjadi ruang pertemuan anak-anak untuk mengikuti sekolah minggu bahkan akan membangun pagar di komplek Katolik Centre ini," ujarnya. /rel