MEDAN – Menyikapi peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan Milala, Klelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan duka keluarga dan sebagai ungkapan berduka serta belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Tuntungan, hingga merenggut 4 jiwa, mendapat perhatian khusus dari Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S Msi, Selasa (11/4), menyerahkan bantuan kepada keluarga korban kebakaran guna meringankan                 Bantuan dari Wali Kota tersebut diserahkan Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi didampingi Kepala Badan Pengelola Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring, Kadis Sosial,  Endar Sutan Lubis, Camat Medan  Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting, Koramil  Medan Tuntungan, Kapten Inf Zulkarnain serta lurah dan kepala lingkungan se-Kecamatan Medan Tuntungan kepada keluarga Gandi Ginting dan Marco yang rumahnya hangus terbakar di Kantor Kelurahan Sidomulyo.

                Dihadapan keluarga korban, Wakil Wali Kota Medan mengatakan Wali Kota beserta seluruh keluarga besar Pemko Medan sangat berduka atas peristiwa kebakaran yang terjadi 6 hari silam, Rabu (5/4), sekitar pukul 05.50 WIB.  Apalagi  musibah itu menyebabkan Gandi Ginting kehilangan 4 anggota keluarganya yakni Marita Sinuhaji (58), Prengki  Ginting (31),  Selvy  Br Ginting (5) dan Kristin Br Ginting (3).

                Mantan anggota DPRD Medan ini selanjutnya, mengingatkan agar kedua musibah ini menjadi perhatian semua untuk meningkatkan  keamanan. Artinya, semua lapisan masyarakat harus waspada terhadap siapa saja orang yang tak dikenal datang berkunjung, termasuk yang mengunjungi tetangganya masing-masing.

                “Kalau dulu boleh tidak peduli namun sekarang  kita dituntut harus lebih peduli. Dengan kepedulian itu tentunya akan membantu aparat kepolisian untuk melakukan pengungkapan apabila terjadi musibah. Untuk itu mulai hari ini, mari kita lebih peduli  dan terus meningkatkan rasa kewaspadaan terhadap orang asing yang datang. Keamanan insya Allah dapat diwujudkan jika kita semua bersatu. Ditambah lagi kita melalui kecamatan dan kelurahan telah membangun kemitraan dengan Babinsa dan Babinkantibmas untuk mendukung kantibmas di Kota Medan,” paparnya.

                Usai menyampaikan pesan, Wakil Wali Kota selanjutnya menyerahkan bantuan kepada perwakilan keluarga Gandi Ginting dan Marco. Bantuan yang diberikan itu berupa seng, semen, kayu/broti, peralatan tidur, serta sembako. Akhyar berharap bantuan yang diberikan ini dapat memotivasi warga maupun stakeholder sehingga terbuka pintu hatinya untuk turut membantu keluarga korban kebakaran.               

                “Ini bantuan tahap pertama yang kita berikan. Kemudian akan diikuti dengan bantuan lainnya seperti masalah administrasi. Terkait dengan masalah administrasi, koordinasikan dengan camat.  Kita pun membuka pintu bagi yang lain untuk membantu saudara-saudara kita yang ditimpa musibah ini,” harapnya.

                Selesai menerima bantuan, H Sembiring (43), mewakili keluarga Gandi Ginting, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Wali Kota Medan tersebut. Dia dan keluarga mengaku tidak menyangka jika Wali Kota peduli dengan musibah yang mereka alaminya. “Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang telah diberikan ini,” ungkap Sembing.

                Kemudian sembiring berharap agar aparat kepolisian menyelidiki kasus kebakaran yang telah menewaskan 4 orang keluarga mereka. Sebab, dia dan anggota kelurga yang lain melihat kejanggalan atas peristiwa kebakaran tersebut. “Kami merasa kebakaran ini seperti disengaja. Selain menghanguskan rumah, kami juga kehilangan 4 anggota keluarga yang sangat kami cintai. Untukm itu kami minta kepada pihak kepolisian untuk segera mengungkapnya.  Jika terbukti kebakaran ini disengaja, tangkap  dan hukum seberat-beratnya pelakunya,” harap Sembiring. (Yeni)