MEDAN – Petugas gabungan POM AL, ormas Islam Kaumi, personel Polsek Belawan, Polsek Medan Labuhan, Polres Pelabuhan Belawan dan Satpol PP menggelar Operasi Pekat di Jalan Datuk Rubiah Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (8/4/2017). Keterangan dihimpun menyebutkan, operasi penyakit masyarakat ini sengaja dilakukan untuk menindak dan membongkar gubuk (rumah kitik-kitik) berukuran rata-rata 2×2 meter beralas dan berdinding tepas dilapis dengan plastik spanduk yang disinyalir sebagai tempat maksiat.

Tim gabungan Operasi Pekat yang berjumlah 140 personil tersebut di-samping membongkar juga mendata jumlah gubuk tersebut. Adapun jumlah dan nama-nama pemilik gubuk yakni Leni, di Jalan Datuk Rubiah memiliki 50 gubuk, Yuni di Jalan Datuk Rubiah memiliki 5 gubuk, Anto alias Kumis di Jalan Datuk Rubiah memiliki 30 gubuk, Ifo di Jalan Datuk Rubiah memiliki 15 gubuk dan Inus di Jalan Datuk Rubiah memiliki 15 gubuk.

Kesemua gubuk yang berada sepanjang Jalan Datuk Rubiah pinggiran Sungai Deli tersebut dibongkar dan bongkarannya berupa kayu, seng, tepas, spanduk dan plastik, sebagiannya diangkut ke dalam mobil Sat Pol PP Pemko Medan dan dibawa ke kantor Sat Pol PP Pemko Medan.

Dari hasil Operasi, satu wanita diamankan tidak memiliki KTP bernama Cantika Dwi Lestaeri (18) warga Jalan Pasar 1 Gang Pintu Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan.

Komandan Tim Operasi Penyakit Masyarakat Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan, Kompol Pati O mengatakan razia tersebut untuk mengantisipasi keluhan masyarakat atas adanya indikasi tempat maksiat di Jalan Datuk Rubiah Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan serta menjelang Bulan Suci Ramadhan.

“Kita menggelar razia tersebut untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat atas menjamurnya lokasi yang diduga tempat maksiat dan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan agar wilayah kita bebas dari maksiat,” kata Pati.

Kegiatan Operasi Pekat Toba 2017 akan tetap berlanjut ke-tempat tempat lainnya di-dalam wilkum Polres Pelabuhan Belawan dan selama pelaksanaan giat operasi situasi aman dan baik. “Selama Kegiatan Operasi Pekat Toba 2017 yang berlangsung beberapa jam tersebut berlangsung aman,” tutup Pati O.