MEDAN - Youth Awareness Community (YAC) merupakan kumpulan anak muda yang peduli dengan pendidikan. Memiliki pengalaman mengajar di daerah pedalaman, mereka ingin terus berkontribusi di bidang pendidikan khususnya di daerah pedalaman, dengan mengambil konsep mengajar sambil berwisata.

Menurut bidang Humas YAC, Marduansyah, terbentuknya YAC karena banyak anak muda yang memiliki pengalaman mengajar di daerah pedalaman, tetapi tidak memiliki wadah untuk menuangkan aspirasinya.

"Berawal dari beberapa anak muda yang memiliki pengalaman menjadi sukarelawan dalam kegiatan mengajar di daerah pedalaman dan mereka ingin agar terus melanjutkan hal positif tersebut dan memiliki wadah sendiri untuk menuangkan segala aspirasi mereka," ujar Marduansyah kepada GoSumut, Selasa (24/1/2017).

Selain fokus terhadap pendidikan, YAC juga kerap mengadakan kegiatan di bidang sosial budaya, kesehatan, serta teknologi.

"YAC memiliki beberapa program kerja dalam membantu masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan teknologi. Program utama dari YAC adalah Charity Fun Trip," lanjutnya.

Menurut Marduansyah, komunitas yang berdiri sejak 7 November 2015 ini telah memiliki lebih dari 50 relawan aktif, yang terdiri dari mahasiswa maupun pekerja.[***]