PADANG LAWAS - Wakil Bupati (Wabup) Padang Lawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu C Ht bersama rombongan memberikan bantuan sembako saat meninjau lokasi rumah warga terendam banjir. Selain itu, kata Kepala BPBD Palas H Mhd Hamka Harahap kepada GoSumut, Selasa (24/1/2017), kedatangan rombongan Wabup Palas juga membawa mobil dapur umum, menyerahkan sembako berupa beras, indomie, ikan kaleng, makanan ringan, dan roti.

“Saat peristiwa banjir di Pasar Lombang itu, seluruh warga yang rumahnya terendam banjir diarahkan menuju pemukiman yang lebih tinggi, dalam hal ini di lokasi pekan Sosa,” terangnya.

Menurutnya, warga yang rumahnya terendam banjir tidak bisa lagi memasak seperti biasanya. Makanya, dengan adanya mobil dapur umum yang dipersiapkan Pemkab Palas itu dapat dijadikan sebagai sarana memasak untuk warga.

Banjir ini, kata dia, diakibatkan meluapnya Sungai Sosa yang menghantam pemukiman warga Pasar Lombang pada Senin (23/1/2017), sampai pukul 12.00. Dari pukul 12.00 Wib sampai pukul 03.00 Wib dini hari air sudah mulai surut. “Melihat kondisi demikian kita sudah menstanbykan perahu karet dilokasi, demi mengantisipasi terjadinya banjir susulan yang lebih besar lagi,” jelasnya. Berdasarkan hasil tinjau di lapangan, kata Hamka, hanya satu unit rumah yang menjadi korban banjir yaitu, rumah warga tersebut sempat terseret oleh derasnya aliran sungai. Dikatakan, banjir yang melanda Pasar Lombang itu, juga berdampak terputusnya jalan lintas kecamatan Sosa menuju kecamatan Batang Lubu Sutam selama kurang lebih empat jam. Secara terpisah, Wabup Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu C Ht mengimbau kepada seluruh warga yang berada di sekitar aliran sungai supaya lebih waspada, mengingat saat ini kondisi musim penghujan.