MEDAN - Selain menelan korban, pohon tumbang yang menimpa sejumlah kendaraan di depan merdeka walk juga menyebabkan arus lalulintas menjadi macet, Senin (9/1/2017).

Informasi dari sejumlah pengendara menyebutkan, awalnya arus lalulintas normal. Akan tetapi, setelah peristiwa tumbangnya pohon, arus lalulintas pun menjadi macet. 

"Tadi pas (sewaktu) saya baru nyampe di jalan ini (Kapten Maulana Lubis) arus lalulintas berjalan lancar. Tapi setelah pohon tumbang, akibatnya jadi macet," kata pria yang mengaku bermarga Sinaga ini kepada Gosumut. 

Senada dengan itu, Selwa, pengendara lainnya mengira pada awalnya kemacetan tersebut disebabkan padamnya aliran listrik yang menyebabkan trafictlight tidak berfungsi. "Awalnya saya kira macet gara-gara padamnya trafictlight, rupanya gara - gara ada evakuasi terkait pohon tumbang yang menimpa sejumlah kendaraan," ujarnya. 

Namun, pria warga keturunan ini menyayangkan lambannya petugas mengatur arus lalulintas yang mengakibatkan macet hingga berjam - jam. 

Pantauan di beberapa lokasi, macet tidak hanya terjadi di seputaran Balai Kota dan sekitarnya. Akan tetapi, jalanan yang lain juga mengalami kemacetan imbas kejadian itu, seperti jalan Kejaksaan, Jalan Imam Bonjol, Diponegoro, Guru Patimpus dan Perdana Medan. Tidak sampai di situ, macet juga menyasar hingga Jalan S Parman Medan yang mengakibatkan kendaraan padat merayap di bawah suhu 35 derajat.