MEDAN - Upacara kenaikan pangkat sejumlah personil Kepolisian Resor Kota Besar Medan kali ini sungguh berbeda. Pasalnya, usai mengikuti upacara resmi di lapangan apel Mapolrestabes Medan, sejumlah personil yang naik pangkat disiram air oleh Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Medan Kombes Pol. Sandi Nugroho, Sabtu, (31/12/2016). Tidak sampai di situ, bahkan personel yang naik pangkat berpasangan mencium kening pasangannya masing masing dan disemprot air dari kendaraan taktis mikik Satuan Sabhara Polrestabes Medan. 

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Medan Kombes Pol. Sandi Nugroho yang resmi menerima korp rapot kenaikan pangkat setingkat Perwira Menengah, perwira pertama, dan Brigadir personel Polrestabes Medan dalam amanatnya mengatakan kenaikan pangkat merupakan buah dari kerja keras.

"Kenaikan pangkat yang Bapak dan Ibu terima hari ini bukan semata-mata turun begitu saja. Tapi ini bukti kerja keras dan pengabdian yang dinilai oleh pimpinan. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua bersyukur karena Tuhan Yang Maha Kuasa telah memberikan kemudahan dan rezeki kepada kita," kata Kapolrestabes Medan.

Orang nomor satu di Polrestabes Medan ini meminta agar personel yang mendapatkan kenaikan pangkat untuk intropeksi diri. "Bertanya pada diri sendiri apakah memang sudah pantas menerima kenaikan pangkat atas tugas yang diemban selama ini," pinta mantan Kapolsek Medan Baru ini.

Sandi mengungkapkan, sesungguhnya kita diberikan kemampuan Oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk berpikir dan mampu menjadi pemimpin pada diri sendiri. Menjadi pemimpin di rumah tangga, di kesatuan dan di tengah-tengah masyarakat. "Kita harus menjadi teladan yang bisa ditiru oleh orang lain untuk berbuat kebaikan," ungkap Sandi Nugroho.

Selain itu, ia berujar, peran Bhayangkari sebagai istri sangat mempengaruhi perjalan karier seorang Polri. "Untuk itu, diharapkan agar memberikan perhatian khusus untuk perkembangan positif bagi anak - anak di dalam keluarga," ujarnya. 

Berikut pejabat yang naik pangkat dari Kompol menjadi AKBP.

Kabag Ops AKBP. Doni S Sembiring, S.IK, SH, MSi, Kabag Prencanaan AKBP. Suharno, SH, MM, Kabag Sumda AKBP. Sony Siregar, SE, Kasat Reskrim AKBP. Febriansyah, SH,S.IK, Kasat Binmas AKBP. Alamsyah Hasibuan, SH,S.IK,MH, dan Kasat Intelkam AKBP. B Siallagan, SH.

Sementara itu tiga Kapolsek jajaran naik pangkat AKP menjadi Kompol, Kapolsek Medan Kota Kompol. Martuasah Hermindo Tobing, S.IK, Kapolsek Patumbak Kompol. Afdhal Junaidi, S.IK dan Kapolsek Delitua Kompol Wira Prayatna, SH, S.IK, bersama 14 orang lainnya.

Selanjutanya, Pamen, Pama dan Brigadir yang naik pangkat Kompol ke AKBP 6 orang, AKP ke Kompol 17 orang, Iptu ke AKP 4 orang, IPDA ke IPTU 23 orang, AIPTU ke IPDA Penghargaan 4 orang, AIPDA ke AIPTU 37 orang, Bripka ke Aipda 49 orang, Brigadir ke Bripka 36 orang, Briptu ke Brigadir 9 orang, dan Bripda ke Briptu 8 orang.