NIAS - Pemerintah Desa Lolowua, Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias Induk, melaksanakan pembangunan fasilitas air bersih dari Dana APBDes Tahun Anggaran 2016 dengan menelan anggaran sebesar Rp.389.550.000 

Sekretaris Desa Lolowua, Herikman Mendrofa, mengatakan bahwa dengan adanya dana desa sangat membantu kebutuhan warga setempat. Apalagi Dana yang digulirkan cukup memberikan manfaat, terutama pada penyediaan air bersih untuk warga.

“Dana desa sangat membantu sekali bang, sesuai hasil dari Musyawarah bersama Masyarakat Desa, anggaran untuk tahap Kedua ini kita arahkan ke pembangunan fasilitas air bersih, ucap Herikman Mendrofa di lokasi Pembangunan. Sabtu, (31/12/2016).

Dijelaskannya lagi, bila proyek pembangunan fasilitas air bersih bertujuan untuk memudahkan warga desa dalam mendapatkan air bersih guna kepentingan masyarakat sehari-hari. “Sebelumnya sumber air sudah ada dan sudah dimanfaatkan warga, hanya saja belum dilakukan pembangunan secara permanen. Air yang kita gunakan asli mata air dari kaki gunung, bersih dan terjamin”.

Lanjutnya, mengingat lokasi pengambilan air selama ini terbilang cukup jauh dan medan nya cukup sulit untuk di lalui, maka inisiatip bersama warga, dana desa untuk anggaran Tahun 2016 kita arahkan kesini, ungkap Hendrikman sambil menunjukan lokasi pekerjaan.

Adapun beberapa item bangunan pendukungan pada anggaran dana APBDes penyediaan sarana air bersih yakni mulai dari Penampungan, Kamar Mandi, Rabat Beton, Tangga dan Septiteng. Hendrikman juga berharap dengan adanya pembangunan penyediaan air bersih dapat membantu masyarakat dan dipergunakan secara maksimal.

“Kami warga desa berharap kepada pemerintah pusat agar dana desa tetap digulirkan demi percepatan pembangunan di desa seperti mana cita-cita pak Presiden," pungkasnya.