PARAPAT - Menyambut pergantian tahun dari 2016 ke tahun 2017 banyak hotel, restoran, pusat perbelanjaan, pusat hiburan dan permainan serta beberapa objek wisata di Kota Medan dan kota lainnya di Sumatera Utara. 

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (31/12/2016) menyebutkan bahwa Berastagi dipadati pengunjung, hotel juga full booking.

Menurut Manager Hotel Sibayak International Berastagi Sukidi, untuk pemesanan kamar tanggal hari ini (31/12/2016) dan untuk besok Minggu (1/1/2017) full booking.

Sama halnya dengan hotel Mikie Holiday, The Hill serta hotel lainnya di Berastagi dipadati pengunjung. Kawasan Bukit Gundaling dan Pasar Buah Berastagi serta objek wisata di Kabupaten Karo akan dipadati pengunjung.

“Pemesanan kamar sudah dilakukan tamu sejak jauh hari sebelumnya,” kata Sukidi.

Objek wisata lainnya yang akan dipadati pengunjung adalah Taman Simalem Resort, Taman Wisata Iman Sitinjo-Dairi, air terjun Sipiso-piso serta kawasan wisata lainnya seperti pemandian air panas dan Gunung Sibayak.

Warga Kota Medan dan sekitarnya banyak juga yang memilih berlibur menyambut pergantian tahun ke Kota Parapat dan Samosir. Untuk Kota Parapat, hunian hotel rata-rata penuh, berbeda dengan hunian di Samosir masih banyak hotel yang menawarkan kamar kosong.

Menurut salah seorang karyawan Hotel Inna Parapat Sidabutar, pemesanan kamar untuk malam pergantian tahun sampai awal tahun kondisinya full booking. Diperkirakan, sore menjelang malam jumlah wisatawan yang datang ke Parapat masih akan bertambah dan mereka akan menginap di tempat-tempat penginapan yang masih kosong.

Untuk Tomok dan Tuk Tuk Siadong, beberapa hotel masih tersedia kamar kosong. Diperkirakan, malam hari sampai esok hari saat perayaan Tahun Baru 2017, kawasan Pantai Parbubu di Samosir akan dipadati pengunjung.

Tampubolon, salah seorang warga Tomok menyampaikan bahwa jumlah wisatawan yang mengunjungi Tomok dan Tuk Tuk tidak seramai tahun lalu.

“Tahun ini sedikit berkurang. Anak rantau yang pulang ke kampung halamannya di Samosir juga tidak seperti tahun lalu. Mungkin karena tidak ada event besar yang bisa jadi batu sandungan bagi wisatawan untuk datang ke Samosir,” katanya.

Objek wisata lainnya di Sumatera Utara diperkirakan akan dipadati pengunjung pada hari H pergantian tahun, terutama pusat hiburan seperti tempat bermain dan kolam renang. Seperti himbauan Kapoldasu Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel urusan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bukan hanya tanggung jawab kepolisian atau aparat TNI, semua elemen ikut bertanggungjawab dalam mewujudkannya.