Kamu tentu sudah tahu kan betapa indahnya pemandangan di sekitar Danau Toba, eksotiknya Rumah Tjong A Fie, atau megahnya Istana Maimun? Tapi ternyata, bukan hanya itu saja lho potensi wisata Medan. Wilayah di Sumatera Utara ini juga punya berbagai sungai indah, dengan jeramnya yang liar, yang menawarkan petualangan arung jeram yang sangat seru!

Sungai-sungai tempat rafting atau arung jeram di Medan dan sekitarnya cukup banyak, dan semuanya punya level tantangan masing-masing, baik untuk pemula atau yang sudah mahir bahkan profesional. Totalnya ada tujuh sungai tempat arung jeram di Medan.

1. Sungai Asahan

Sungai satu ini cukup populer sebagai lokasi rafting di Medan, dan dianggap sebagai sungai dengan jeram terbaik ketiga di dunia, setelah Sungai Colorado di AS dan Zambesi di Afrika. Keren! Sungai besar ini memang menawarkan tantangan tersendiri untuk kamu si adrenaline junkie. Level yang ditawarkan ketika rafting di Sungai Asahan mulai level 1 yang ringan, hingga level 5 yang sangat ekstrim. Tentunya ada bagian jeram-jeram berbahaya dengan banyak lubang dan debit air deras di sini yang hanya boleh dilalui rafter yang sudah mahir. Tertarik? Yuk ikutan.

2. Sungai Sei Bingei

Sungai Sei Bigei di Langkat menawarkan pesona alam sekaligus menjadi lokasi arung jeram yang ideal. Pengarungan sepanjang 13 kilometer diwarnai pemandangan alam yang cantik di kanan-kiri sungai. Tapi jangan sampai kehilangan fokus ya, travelers. Instruksi skipper harus benar-benar kamu perhatikan supaya perahu tak terbalik, karena ada banyak bebatuan dan jeram-jeram deras di Sei Bingei. Lalu ada tantangan berupa Bendungan Namu Sira Sira yang menurun tajam. Siap-siap teriak di sini. Oh ya, di sungai ini juga ada air belerang yang mengalir. Air panas ini kemudian menyatu dengan sungai Sei Wampu.

3. Sungai Lau Renun

Rafting di sungai Lau Renun juga tak kalah serunya lho, travelers. Terletak di kawasan berbukit dan berlembah, sungai Lau Renun yang berjarak 14 kilometer dari Sidikalang juga memiliki jeram-jeram seru yang menunggu untuk ditaklukkan.

4. Sungai Sei Wampu

Sungai yang mengaliri Kabupaten Langkat dan Karo ini sangat terkenal sebagai lokasi rafting. Selain jeram-jeramnya menantang, pemandangan alam sekitarnya juga sangat memukau. Kontur alam yang menawan dihiasi berbagai flora, dan di tengah pengarungan kamu akan melewati Air Terjun Maryke yang bertingkat-tingkat. Selain sebagai lokasi arung jeram dan kayaking, Sei Wampu juga menjadi tempat memancing.

5. Sungai Sei Bah Bolon

Jika kamu rafter pemula, sungai Sei Bah Bolon di Deli Serdang cocok untukmu. Tapi bukan berarti arung jeram di sungai Bah Bolon nggak seru lho. Sebaliknya, sungai indah ini punya panorama sekitar yang sangat mempesona, mulai dari tebing-tebing yang mengapit, pemandangan Air Terjun Bah Gula, hingga susunan rapi batu-batu besar berwarna hitam yang eksotis. Uniknya lagi, sungai ini juga punya “pantai” berupa tepian sungai dengan pasir putih. Mau rafting di Sei Bah Bolon? 

6. Sungai Batang Toru

Kawasan Batang Toru yang menjadi cagar alam di Mandailing Natal memiliki sungai sepanjang 125 kilometer yang populer sebagai tempat rafting. Level kesulitan jeram-jeram di Batang Toru bervariasi, dan yang pasti derasnya debit air sungai akan memacu adrenalinmu.

7. Sungai Lae Kombih

Sungai Lae Kombih di Pakpak Bharat memiliki arus air yang deras, dengan bebatuan besar. Level rafting di sungai ini berada di kisaran 1 hingga 3, jadi cocok untuk pemula yang ingin menikmati serunya rafting di Medan.

Nah itu dia berbagai sungai yang menjadi tempat arung jeram favorit di Medan. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan kamu